Bupati Tanbu Ingin Jadikan Lomba Kuliner Nusantara sebagai Event Tahunan

1003

KabarKalimantan, Batulicin – Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor membuka secara resmi Lomba Kuliner Nusantara 2019 yang dilaksanakan di Halaman Pasar Bumi Pangeran, Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Tanah Bumbu, Rabu (30/1/2019).

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Tanbu H Deny Harianto mengatakan kegiatan lomba kuliner nusantara ini bertujuan untuk memunculkan kuliner khas yang ada di Tanah Bumbu khususnya di Kecamatan Kusan Hilir.

Menurut Deny, masyarakat Tanah Bumbu terbiasa mengolah kuliner sehingga banyak jenis makanan dan kue tradisional khas daerah yang dimiliki.

Bahkan, sebut Deny, kuliner yang diolah ibu-ibu dari Tanah Bumbu ini tidak kalah lezat rasanya dan mampu bersaing dengan daerah lainnya di Kalimantan Selatan.

“Lomba ini dimaksudkan untuk memunculkan kembali kuliner khas daerah yang mewakili nusantara agar generasi muda mengenal kue-kue tradisional,” ucapnya.

Ia menjelaskan, target yang ingin dicapai dari lomba yaitu menjadikan Pagatan sebagai pusat kuliner tradisional di Tanah Bumbu.

Baca Juga :   Wabup Tanah Bumbu Inspeksi ke RSUD Andi Abdurahman

“Dengan adanya lomba ini, masyarakat yang ingin mencari kuliner tradisional sudah tersedia di Pasar Bumi Pangeran Pagatan,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor menyambut baik dengan dilaksanakanya Lomba Kuliner Nusantara yang merupakan inovasi dari Disdagri Tanbu untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Ia berharap, kegiatan ini mampu mendongkrak perekonomian ibu-ibu rumah tangga di Kecamatan Kusan Hilir.

Bupati juga mengingatkan agar kuliner yang disajikan nanti harus dikemas dengan sebaik mungkin sehingga menarik minat masyarakat untuk membeli.

Disampingnya itu juga harus memerhatikan rasa dan bahan olahan yang bebas dari zat kimia.

“Lomba Kuliner Nusantara ini hendaknya bisa dijadikan event tahunan menjelang hari jadi Kabupaten Tanah Bumbu, sehingga tamu atau wisatawan yang berkunjung ke Tanah Bumbu ingat dengan pusat kuliner tradisional Pagatan,” ujarnya.

Slamet Riadi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here