Bupati Wahid Serahkan Sertifikat Tanah PTSL

KabarKalimantan, Amuntai – Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Abdul Wahid HK menyerahkan sertifikat tanah program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) di Desa Mekar Sari, Kecamatan Amuntai Tengah, Jumat (23/3/2018).

Wahid mengatakan, penyerahan sertifikat tanah bagi masyarakat melalui program pendaftaran sah sistematis lengkap ini merupakan program yang sangat penting. “Manfaat pembagian sertifikat ini, guna menghindari konflik agraria, membuat aset masyarakat bisa dijadikan sebagai jaminan bank serta menghindari masyarakat pada jeratan rentenir,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, pendaftaran tanah ini merupakan program nasional yang dibentuk pemerintah untuk mengatasi dan melayani persoalan sengketa tanah. Anggaran program nasional PTSL ini sebagian besar ditanggung dan dibiayai oleh pemerintah.” Program ini meliputi pengukuran, perpetaan, dan pembukuan. Pendaftaran hak atas tanah dan peralihan hak dan pemberian surat tanda bukti hak dan pemberian jaminan kepastian hukum,” katanya.

Baca Juga :   HUT Persit ke-72, Persit Kodim 1001 Amuntai Gelar Baksos Donor Darah

Mantan ketua DPRD HSU ini menjelaskan, permasalahan yang sering dihadapi masyarakat baik desa maupun kelurahan disebabkan tanah belum terdaftar atau belum bersertifikat. “Persamalahan di lapangan tumpang tindih pengakuan kepemilikan tanah, tidak diberikan patok atau tanda batas yang jelas, sehingga dimanfaatkan oleh orang lain,” tandasnya.

Bupati wahid mengimbau, bagi masyarakat yang belum mendaftarkan tanahnya agar segera mengajukan kepada kepala desa atau lurah, untuk diratakan ke BPN. “Kepada kepala desa dan lurah agar bisa menyampaikan informasi terkait dengan program nasional PTSL kepada masyarakat,” pintanya.
MUHAMMAD YUSUF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here