Cara Polantas Balangan Ingatkan Keselamatan Berkendara

297
Polantas Polres Balangan memasang miniatur polantas di jalan rawan kecelakaan. Istimewa for Redkal.com

KabarKalimantan, Paringin – Satlantas Polres Balangan terus menyosialisasikan titik rawan kecelakaan di Kabupaten Balangan melalui pemasangan gambar himbauan, Kamis (12/10/2017). Salah satunya memasang gambar miniatur polisi lalu lintas di lokasi rawan laka lantas.

Pantauan Kabar Kalimantan di lapangan, miniatur ini dibuat dari bahan triplek yang dicat scotlight sesuai bentuk asli petugas polisi sedang berdiri di pinggir jalan dan kendaraan Unit Laka Lantas Polres Balangan.

Di malam hari, miniature gambar polantas akan menyala terang. Pemasangan miniatur itu dilakukan di tikungan tajam dan sejumlah lokasi rawan laka lantas di Jalan Lintas, Kabupaten Balangan.

Kepala Satlantas Polres Balangan, Ajun Komisaris R. Sudarto, mengatakan miniatur polisi dipasang di dua titik: Desa Dahai, Kecamatan Paringin dan Desa Bungur Kecamatan Batumandi.

“Tujuan dipasangnya miniatur agar pengendara lebih berhati-hati dalam melintas, karena sejumlah titik dapat menimbulkan kecelakaan,” ujar Sudarto, Jumat (13/10/2017).

Baca Juga :   Waduh, Pak RT Nyambi Jual Carnophen di Balangan

Menurutnya, pemasangan miniature bertujuan agar masyarakat Balangan dan pengguna kendaraan bermotor roda dua, roda empat, dan roda enam bisa lebih berhati-hati.

“Yang lebih penting adalah mengutamakan keselamatan diri sendiri dan orang lain sehingga terwujudnya kamseltibcarlantas di wilayah Kabupaten Balangan,” kata AKP Sudarto.

Seoran pengguna jalan, Junaidi (47) mengakui pada awalnya terkejut melihat miniatur polisi itu. Namun, dirinya menilai miniatur polisi sangat membantu sebagai pengingat bagi pengguna jalan agar waspada.

“Iya di tikungan terlihat jadi terkejut saya kira ada polisi. Ternyata, cuma tanda, saya sendiri tidak takut karena Alhamdulillah selalu lengkap surat kendaraan dan pelengkapan pengamanan , saya harap penguna jalan juga harus mengingat itu “pungkasnya.

F. M HIDAYATULLAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here