Jum. Okt 23rd, 2020

Cegah DBD, Dinkes Tanbu Canangkan PSN

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Intensitas curah hujan yang semakin tinggi sekarang ini tidak hanya berpotensi mengakibatkan bencana alam, tetapi juga turut memicu munculnya potensi berbagai penyakit, seperti Demam Berdarah Dengue (DBD).

Menyikapi hal ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanah Bumbu mulai melakukan berbagai upaya pencegahan guna menghindari mewabahnya serangan penyakit yang diakibatkan nyamuk gigitan nyamuk Aedes Aegepty tersebut, seperti, Pencanangan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

“Untuk wilayah terdampak curah hujan tinggi, maka ada potensi peningkatan kasus DBD. Karenanya diinstruksikan kepada seluruh Puskesmas hingga Polindes untuk melakukan PSN,” pinta Kepala Dinas Kesehatan Tanbu H Setia Budi.

Menurutnya, pencegahan penyakit akibat nyamuk terutama DBD dapat dilakukan secara efektif, maka dari itu PSN harus dilakukan serentak. “Pencegahan dan pengendalian DBD harus dilakukan, bahkan sebelum terjadi atau meluas, yaitu dengan pembersihan jentik dan sarang nyamuk, serta melakukan 4M plus,” ungkapnya.

Dijelaskannya, 4M plus adalah menguras tempat penampungan air dengan rutin, menutup tempat penampungan air, mendaur ulang penampungan air yang tak terpakai dan memantau wadah air yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

“Yang tak kalah penting untuk perlu diperhatikan adalah jangan menggantung pakaian, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menanam tumbuhan pengusir nyamuk, tidur menggunakan kelambu, melakukan larvasidasi dan membuat ovitrap,” jelasnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.