Rab. Okt 21st, 2020

Cek Kesiapan Pengawasan Tahapan Pilkada, Ketua Bawaslu RI Kunjungi Bawaslu Tanbu

2 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Pemilu) RI Abhan didampingi Ketua Bawaslu Kalsel Erna Kasypiah mengunjungi Kantor Bawaslu Kabupaten Tanah Bumbu, Sabtu (4/7/2020).

Ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan, kunjungan kerja di Kabupaten Tanah Bumbu yang merupakan pertama kali di Provinsi Kalsel ini dalam rangka pengecekan kesiapan Bawaslu kabupaten/kota dalam mengahadapi pengawasan tahapan Pilkada serentak pada 9 Desember mendatang.

Abhan menilai, kabupaten/kota di wilayah Provinsi Kalsel memiliki kategori kerawanan yang cukup tinggi dalam pelaksanaan Pilkada, diantaranya dari segi konteks sosial politik, infrastruktur termasuk letak geografis masyarakat yang jauh dari jangkauan jaringan telekomunikasi.

“Saya harap, stakeholder terkait bisa melakukan berbagai antisipasi agar hal-hal terkait indeks kerawanan Pilkada tersebut tidak terjadi di Kabupaten Tanah Bumbu ini,” katanya.

Selain itu, Abhan juga meminta kepada seluruh jajaran penyelenggara Pilkada dan stakeholder lainnya untuk bersikap profesional dalam menjalankan tugas-tugasnya, mulai dari pelaksanaan tahapan Pilkada hingga saat pelaksanaan Pilkada nantinya.

“Semua elemen harus dapat mengantisipasi potensi konflik sosial, serta membangun kerja sama maksimal dengan para petugas keamanan, agar Pilkada serentak tahun jni dapat berjalan lancar,¬†aman dan damai,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Tanah Bumbu Kamiluddin Malewa mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang dilakukam Ketua Bawaslu RI di Bumi Bersujud kali ini.

Menurutnya, kehadiran Ketua Bawaslu RI ini secara tak langsung dapat memberikan dukungan sosial kepada semua jajaran Bawaslu Kabupaten Tanah Bumbu.

“Kami sangat mengharapkan dukungan Bawaslu RI, Bawaslu Kalsel serta seluruh elemen untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada serentak tahun 2020 ini. Karena tanpa adanya dukungan pihak lain, saya yakin pelaksanaan Pilkada di Tanbu ini tak akan berjalan mulus,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bawaslu RI uga memberikan bimbingan teknis terkait proses verifikasi faktual kepada Panwascam se-Kabupaten Tanah Bumbu melalui aplikasi zoom di ruang rapat Bawaslu Tanbu.

Usai memberikan bimbingan teknis, Abhan juga mengecek lahan yang rencananya akan dibangun Kantor Bawaslu Tanbu di dekat Komplek Perkantoran Pemkab Tanbu, Jalan Dharma Praja, Gunung Tinggi. Kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi Kantor Panwascam Kecamatan Mantewe di Desa Rejo Sari.

Reporter: Slamet Riadi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.