Ciptakan Menu B2SA, Gali Sumber Pangan Lokal

1653

KabarKalimantan, Kotabaru – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kotabaru bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kotabaru menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) berbahan dasar sumber pangan lokal tingkat kabupaten yang mengambil tempat di Gedung Paris Barantai, Kotabaru, Senin (22/4/2019).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kotabaru H Gusti Syahruddin mengatakan, secara khusus tujuan diselenggarakan lomba cipta menu B2SA pangan lokal ini untuk menggali sumber pangan alternatif non beras dengan berbasis budaya lokal.

“Melalui lomba cipta menu B2SA ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsusmsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman untuk meningkatkan kualitas hidupnya dan mengangkat citra makanan khas daerah agar dapat digemari dan mampu bersaing dengan makanan modern,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kotabaru Hj Fatma Idiana Sayed Jafar berharap, lomba cipta menu B2SA ini dapat menjadi forum dan wahana kaum perempuan untuk lebih memahami pangan dan gizi. “Sebagai wanita yang dikodratkan menjadi ibu rumah tangga, kita harus mempunyai peranan dalam menyusun menu makanan keluarga,” ujarnya.

Baca Juga :   PKK Kotabaru Himbau Pelajar Jauhi Kenakalan Remaja

Pola makan dengan asupan gizi, menurutnya, sangat diperlukan dalam membangun kecerdasan dan kualitas sumber daya manusia. “Oleh karena itu, saya meminta kepada semua pihak memerhatikan masalah pangan agar generasi mendatang lebih berkualitas,” ucapnya.

Reporter: Ardiansyah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here