Cuaca Ekstrem, Nelayan Kesulitan Mencari Ikan di Laut

885

KabarKalimantan, Kotabaru – Seiring buruknya cuaca yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir ini membuat para nelayan di Kabupaten Kotabaru tak berani untuk mencari ikan ke laut.

Secara otomatis, hal itu membuat warga Bumi Saijaan kesulitan mendapatkan ikan di pasaran. Sekalipun ada, harganya pun lebih mahal dari biasanya.

“Biasanya, harga ikan jenis Babaraan Rp 60 ribu perkilonya. Sekarang naik menjadi Rp 65 ribu- Rp 70 ribu. Begitu pula dengan ikan jenis Trakulu, biasanya hanya seharga Rp 25 ribu perkilo. Sekarang juga mengalami kenaikan,” ungkap Daeng Emang, salah satu nelayan di Kotabaru, Senin (4/2/2019).

Dengan  kondisi seperti ini, nelayan yang terdesak kebutuhan ekonomi mau tak mau memberanikan diri pergi ke laut. Hanya saja tak seperti biasanya. Mereka tak berani terlalu jauh dari tepian.

“Menyikapi kondisi seperti ini, kami akan melakukan koordinasi dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalimantan Selatan, bahkan ke Kementerian Kelautan untuk meminta bantuan agar para nelayan dapat dibuatkan rompon-rompon yang akan memudahkan para nelayan mencari ikan pada saat musim gelombang besar dan angin kencang seperti ini,” timpal Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kotabaru Mochran.

Ardiansyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here