Cuaca Ekstrem, Waspadai Pohon Jatuh di Banjarmasin

127

BANJARMASIN, KK – Pengendara motor harus waspada saat berkendara di jalanan yang dikelilingi pohon-pohon tua kala musim hujan seperti ini di Banjarmasin.

Kondisi cuaca ekstrem membuat kemungkinan ranting dan pohon di jalan berjatuhan, lalu mengenai pengendara.

Hal itu contohnya terjadi di Jalan Kapten Piere Tendean, Banjarmasin, Senin (19/12/2016) sore. Lokasi tepatnya berada di pembatas jalan Jembatan Merdeka.

Nata, pengendara motor, nyaris tertimpa ranting pohon trembesi yang sudah lapuk.
Ia baru saja melewati Jalan Veteran untuk pulang ke rumah. Tiba-tiba, terdengar suara ranting pohon patah dan segera saja ranting itu jatuh ke aspal berjarak beberapa sentimeter saja dari motor Nata. “Untung saya pelan naik motornya,” kata dia.

Nata langsung melaporkan kejadian tersebut ke Pos Polantas depan Masjid Sabilal Muthadin. Dengan sigap Aipda Komaruddin langsung menuju ke tempat kejadian. Bersama anggota beliau bahu-membahu menyingkirkan ranting pohon yang lumayan besar tersebut ke bahu jalan.

Kejadian tersebut sempat membuat macet Jalan Piere Tendean yang akhirnya terurai kembali setelah ranting pohon tersebut disingkirkan.

Saat diwawancara Aipda Komarudin bertugas pada saat itu bersyukur tidak ada korban saat kejadian. Ketika ditanya mengapa harus turun tangan untuk menyingkirkan pohon tersebut ia mengaku terpanggil.

“Kami ini pelayan masyarakat, apapun laporan yang meresahkan masyarakat pasti kami layani,” pungkas lelaki hitam manis yang murah senyum ini.

Sementara warga sekitar saat diwawancarai meminta Pemkot Banjarmasin lebih maksimal dalam perawatan dan pengawasan. Jika ada pohon atau ranting sudah tua langsung dipotong.

“Jangan nunggu ada kejadian hingga jatuh korban jiwa baru ada aksi,” cetus Anang yang berada di pangkalan ojek tidak jauh dari tempat kejadian. idr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here