Jum. Okt 23rd, 2020

Cuncung Sangat Cocok Pimpin Tanbu ‘Era Kekinian’ 

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tanah Bumbu menyedot perhatian sangat besar dari sejumlah tokoh. Maklum, Tanah Bumbu dinilai menjadi salah satu kabupaten dengan perkembangan yang sangat maju.

Tiga calon yang akan bertarung yakni Syafruddin H Maming-M Alpiya Rakhman, Zairullah Azhar-M Rusli, dan pasangan Mila Karmina-Zainal Arifin tentu saja dituntut untuk menyuguhkan program yang bisa membawa Tanah Bumbu menjadi semakin hebat.

Pengajar di salah satu universitas di Kalsel Endani Kastien menyatakan, pemimpin Tanah Bumbu nantinya dituntut untuk memiliki pola pikir yang mengikuti paradigma sekarang sesuai dengan perkembangan zaman dan perubahan yang begitu pesat dan cepat. “Kemajuan teknologi dan informasi sekarang sangat cepat dan tak bisa diprediksi. Kalau pemimpin tidak sigap, maka bisa saja masyarakat di daerah yang dipimpinnya akan ketinggalan,” ujarnya.

Dani menuturkan, istilah-istilah yang muncul sekarang yakni era milenial ataupun era kekinian menunjukan gambaran teknologi dan informasi berkembang dengan luar biasa. “Istilah kekinian itu kan menunjukan sesuatu yang lama sudah usang dan diganti dengan sesuatu yang baru. Artinya, semua dituntut untuk terus berinovasi,” katanya.

Pengurus Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) ini menjelaskan, dalam hal perkembangan kemajuan zaman tentu saja yang menjadi terdepan adalah para anak muda. Ia menuturkan, pola pikir lawas, anak muda hanya dijadikan sebagai objek politik. “Nah, sekarang anak muda harus menjadi subjek politik. Artinya, bukan hanya sebagai pemilih, tapi sebagai yang dipilih,” katanya.

Pria kelahiran Tanah Bumbu ini mengatakan, keberhasilan anak muda saat dipilih sebagai pemimpin di Tanah Bumbu sudah terlihat jelas di era kepemimpinan Mardani H Maming. “Mardani menunjukan banyak kemajuan hebat di Tanah Bumbu. Tentu saja ini adalah gambaran dari keberhasilan anak muda,” tegasnya.

Lantas, dari tiga calon yang ada sekarang, siapa yang paling layak memimpin Tanah Bumbu era kekinian? Dani tak segan menunjuk pasangan Syafruddin H Maming dan M Alpiya Rakhman. Menurut Dani, keduanya merupakan figur anak muda yang sangat paham dengan kondisi yang terjadi sekarang. “Saya melihat pasangan ini memiliki paradigma berpikir yang bagus yang bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Selain itu, keduanya juga punya jiwa kesederhanaan, ramah, senang menolong, dan dekat dengan masyarakat serta para ulama,” katanya.

Pengurus KNPI Kalsel ini meyakini, jika dipimpin kepala daerah yang memiliki paradigma berpikir sesuai dengan perkembangan zaman, maka Tanah Bumbu akan menjadi daerah yang semakin maju. Apalagi, lanjut Dani, saat ini dunia sedang berada di era 4.0. “Platform pembangunan yang moderenis memerlukan jiwa muda yang mewakili masyarakat digital,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dani mengatakan, berdasarkan rujukan dari Book of Lesson From the Top oleh Thomas Naff dan James M Citrin (1999) serta penelitian dari Stanford Research Foundation, kunci sukses dalam memimpin dan memperoleh pekerjaan ditentukan soft skill 80% dan 20% hard skill. “Cuncung dan Alpiya mewakili hal ini, baik dari sisi kepemimpinan ataupun program-program yang mereka gagas untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Tim Liputan Kabar Kalimantan

Penanggungjawab: M Ridha
.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.