Ming. Jan 17th, 2021

Cuncung: Ujung Tombak Pembangunan, Insentif Perangkat Desa Harus Ditingkatkan

2 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Calon Bupati Tanah Bumbu Syafruddin H Maming memiliki pengalaman yang sangat luas. Tak hanya pernah menjadi anggota DPRD Tanah Bumbu, anggota DPRD Kalsel, hingga DPR RI, pria yang akrab disapa Cuncung ini bahkan pernah menjadi pembakal alias kepala desa hingga menjadi Ketua Rukun Tetangga (RT).

Tentu saja, pengalaman segudang ini membuat Cuncung sangat paham lika-liku perkejaan sebagai RT, kepala desa, hingga apa saja keluhan yang sering disampaikan masyarakat.

Cuncung menilai, pekerjaan sebagai perangkat desa merupakan sebuah tanggung jawab yang cukup besar. Namun, insentif yang diterima masih kurang pantas dengan tanggung jawab yang dipikul. Ia pun berjanji akan meningkatan insentif seluruh perangkat desa mulai dari tingkat RW hingga tingkat RT.

“Saya ini 12 tahun jadi Ketua RT dan pernah dua tahun jadi Kepala Desa. Saya pasti akan pikirkan nasib dan kesejahteraan kepala desa hingga Ketua RT, karena saya pernah ada di posisi itu,” kata Cuncung di Desa Karang Intan, Kuranji, Selasa (24/11).

Cuncung yang datang bersama calon wakilnya M Alpiya Rakhman bercerita, pernah menjabat Ketua RT saat Tanah Bumbu masih jadi bagian dari Kabupaten Kotabaru. Dulu, gaji dan insentif Ketua RT hanya sebesar Rp50,000 saja itupun pembayarannya dirapel tiga bulan sekali.

“Pengalaman seperti itu yang membuat saya berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan kepala desa dan RT. Mereka ini ujung tombak pelayanan masyarakat Tanah Bumbu, pemerintah daerah harus memperhatikan kesejahteraan mereka,” katanya.

Cuncung juga mengingatkan masyarakat bahwa program peningkatan insentif RT di Tanah Bumbu, sejatinya dimulai di masa pemerintahan Bupati Mardani H Maming yang merupakan adiknya sendiri.

“Komitmen Bupati Mardani meningkatkan kesejahteraan RT, pasti akan kami lanjutkan. Jelas buktinya bahwa peningkatan insentif untuk RT, Kepala Desa, hingga pekerja honorer, dan Pekerja Tidak Tetap (PTT) semua dimulai di masa pemerintahan Mardani. Ini pasti kami lanjutkan,” kata Syafruddin menegaskan dan langsung disambut meriah oleh warga Karang Intan.

 

Tim Liputan Kabar Kalimantan

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.