Sel. Mei 11th, 2021

Dampak Penambangan Dekat Jalan Umum, Jalan Desa Bunati Terancam Longsor

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Masyarakat Desa Bunati, Kecamatan Angsana merasa resah terhadap aktivitas perusahaan tambang batubara PT Java Persada Mandiri (JPM) selaku Sub Kontraktor PT Anzawara Satria.

Pasalnya, aktivitas penambangan terkesan tak memerhatikan lingkungan sekitar hingga menyasar ke sekitar tepi jalan utama desa setempat. Akibatnya, jalan tersebut mengalami keretakan.

Salah satu warga Desa Bunati, AN, Jumat (9/4/2021) mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali memperingatkan pihak PT JPM untuk tak menambang terlalu dekat dengan jalan desa. Sebab, masyarakat khawatir jalan tersebut mengalami longsor.

“Kami sangat keberatan dengan tetap dilakukannya aktivitas penambangan yang terkesan tidak memperdulikan lingkungan. Saat ini saja, jalan desa sudah ada yang retak,” tandasnya.

Pihaknya pun meminta PT JPM menghentikan aktivitas pertambangan batubara di dekat jalan utama Desa Bunati tersebut. “Kami juga meminta pertanggungjawaban perusahaan untuk secepatnya memperbaiki badan jalan desa yang mengalami kerusakan,” ucapnya.

Hasil penelusuran redkal.com, kegiatan penambangan yang dilakukan Subkon PT JPM tersebut memang sangat dekat dengan jalan desa, jaraknya hanya sekitar 20 meter saja.

Selain mengakibatkan kerusakan jalan, aktivitas penambangan batubara itu juga menyebabkan tiang listrik di bahu jalan Desa Bunati hampir roboh.

Reporter: Slamet Riadi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.