Danlanal Kotabaru Pimpin Ziarah ke Makam Pahlawan Mattone

797

KabarKalimantan, Kotabaru – Danlanal Kotabaru Letkol Laut (E) Joko Andriyanto ST M Tr Hanla pimpin kegiatan ziarah dan tabur bunga ke Makam Pahlawan Mattone, Pagatan, KabupatenTanah Bumbu dalam peringatan Hari Pahlawan ke-73, Kamis (7/2/2019).

Joko Andriyanto mengatakan, pelaksanaan ziarah dalam peringatan Hari Pahlawan 7 Februari tersebut bertujuan untuk memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang berjasa dalam perjuangan membela bangsa dan negara.

“Proklamasi 7 Februari 1946 merupakan suatu usaha mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia (17 Agustus 1945) oleh rakyat di Kalimantan Selatan, khususnya di daerah Pagatan yang menyatakan dukungan terhadap Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945,” jelasnya.

Dalam usaha mempertahankan kemerdekaan itu, lanjut Joko, pada kenyataannya tidaklah mudah. Karena para pejuang harus melewati serangkaian perjuangan fisik yang berlangsung sejak 1945-1949.

“Untuk mewariskan kepada generasi yang akan datang tentang semangat jiwa kepahlawanan 7 Februari di kota ini, maka setiap 7 Februari selalu diperingati sebagai Hari Pahlawan Pagatan,” ucapnya.

Ardiansyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here