Daya Tampung TPA Basirih Menipis

12

KabarKalimantan, Banjarmasin – Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Banjarmasin, Marzuki mengungkapkan, daya tampung TPA Basirih Banjarmasin saat ini semakin menipis.

Apalagi produksi sampah di kota ini, kata Marzuki, cukup banyak. Ratusan ton sampah perhari yang sebagian besar masuk ke TPA Basirih. Dan kemungkinan besar, lima tahun kedepan tempat ini akan penuh.

“Kemungkinan sekitar lima tahun lagi TPA ini sudah kehabisan daya tampung,” ucapnya kepada wartawan, kemarin.

Dijelaskannya, TPA ini memiliki luas lahan sekitar 40 hektar. Namun dengan bertambahnya jumlah penumpukan sampah tiap harinya, lambat laun tempat tersebut akan menyempit. Hingga kini hanya tersisa 10 hektar.

“Tapi kami telah mengupayakan pengurangan sampah di kota ini. Termasuk adanya sosialisasi dan Perwali tentang larangan penggunaan kantong plastik di toko ritel modern,” katanya.

Selain itu tambahnya, Pemkot Banjarmasin akan melakukan upaya pengurangan sampah di TPA Basirih. Dengan cara, memindahkan sampah tersebut ke TPA Regional di Banjarbaru. Termasuk persiapan pembayaran retribusi sampah sebesar Rp 65 ribu per ton.

“Insya Allah tahun depan mulai dikirim ke TPA Regional. Biaya untuk retribusinya pun sudah disediakan. Ya cukup jauh memang mengangkut sampah ke sana, sekitr 40 kilometer,” jelasnya.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here