Rab. Agu 5th, 2020

Dekranasda dan Disporapar Tanbu Bantu Tingkatkan Mutu dan Dorong Perluas Pemasaran Kerajinan Lokal

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Hj Sadariah Sudian Noor  membuka acara pameran kerajinan barang bekas yang digelar di Education Park, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Jumat (4/10/2019).

Melalui pameran yang digagas Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tanah Bumbu tersebut, Hj Sadariah berpendapat kerajinan masyarakat itu harus dipromosikan dan dipasarkan ke daerah lain, agar dapat berkembang dan bisa dikenal kalangan luar.

“Mudah-mudahan, dengan dibantu pemasyarannya, masyarakat bisa meningkatkan produk kerajinan untuk menambah penghasilannya. Sehingga dapat mengangkat kesejahteraan para pengrajin yang menjadi penopang perekonomian daerah,” kata Sadariah.

Berkaitan dengan hal itu, Dekranasda akan berusaha untuk memberikan polesan pada kerajinan barang bekas yang telah diproduksi para pengrajin. “Tentunya kami akan memprogramkan pembinaan dan memfasilitasi para pengrajin, mulai dari proses produksi, peningkatan mutu, pengembangannya dan pangsa pasar,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwiasata (Disporapar) Tanah Bumbu Hamaluddin mengatakan, selain produksi barang bekas kini para pengrajin juga mulai memproduksi kain Sasirangan yang motifnya berbeda dengan jenis Sasirangan di Banjarmasin.

“Hanya tinggal diperbanyak produksinya dan marketingnya juga harus ditingkatkan atau diperluas,” katanya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.