Sab. Sep 19th, 2020

Delapan Parpol Lulus Vertifikasi di Balangan

2 min read

KPUD Balangan bertemu dengan perwakilan parpol peserta Pemilu 2019, Kamis (16/11/2017). Redkal.com/ Hidayatullah

KabarKalimantan, Paringin – Komisi Pemelihan Umum ( KPU ) Kabupaten Balangan menggelar penyampaian hasil penelitian administrasi keanggotaan Partai Politik calon peserta pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019, Kamis (16/11/2017) di aula KPU Balangan.

Ketua KPU Balangan H. Usman, memimpin langsung pertemuan tersebut. Adapun pesertanya terdiri atas perwakilan pimpinan partai politik peserta pemilu 2019. Usman menuturkan, dari 14 parpol, delapan parpol di antaranya lulus persyatan, yaitu PAN , Partai Berkarya ,PDI-P ,Gerindra ,Golkar,Hanura ,PPP, dan Partai Persatuan Indonesia

“Sisanya enam parpol yakni Demokrat,Gerakan Perubahan Indonesia ,PKS, PKB, Partai Solidaritas Indonesia dan Nasdem masih dalam status menyusul pemenuhan syarat untuk diverifikasi,” kata Usman.

KPU bertugas meneliti syarat administrasi parpol peserta Pemilu 2019. Bahkan KPU akan meminta konfirmasi kepada lembaga terkait bila ada dokumen yang mencurigakan.

“Dalam penelitian administrasi dimungkinkan KPU melakukan klarifikasi kepada lembaga terkait. Kalau ada laporan dari masyarakat, ada keragu-raguan terhadap dokumen,” Usman melanjutkan.

Baca Juga :   Kabupaten Balangan Raih Penghargaan KLA 2019 dari Kementrian PPPA RI

Verifikasi dan penelitian administrasi bertujuan mendeteksi kegandaan identitas anggota. Selain itu, untuk memeriksa status anggota partai masing-masing. Menurut dia, KPU akan mengklarifikasi di tengah proses penelitian administrasi bila ditemukan anggota ganda, baik di internal partai atau eksternal.

“Klarifikasi tentang status persyaratan anggota partai, misalnya, ditemukan orang ini PNS atau anggota Polri yang mestinya kan tidak boleh menjadi anggota partai,” sambungnya.

KPU RI melakukan analisis kegandaan data menyesuaikan yang terdapat di sipol. Bila terjadi kegandaan data di kabupaten/kota, data dikirim ke KPU kabupaten/kota untuk dilakukan klarifikasi.

Selepas penyampaian hasil vertifikasi berkas parpol, KPUD Balangan menyerahkan berkas anggota yang sudah diverifikasi kepada masing-masing parpol .

F. M HIDAYATULLAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.