Demokrat Banjarmasin Buka Pendaftaran Calon Walikota dan Wakil Walikota 2020

1651

KabarKalimantan, Banjarmasin – Partai Demokrat Banjarmasin akan membuka pendaftaran calon Walikota dan Wakil Walikota 2020 usai pelantikan anggota legislatif periode 2019-2024 mendatang.

Ketua DPC Demokrat Banjarmasin, Bambang Yanto Permono mengatakan, partainya membuka secara luas bagi calon yang ingin maju pada Pilwali 2020. “Silahkan putra putri terbaik Banjarmasin yang mau menjadi calon, partai kami terbuka lebar,” ucap Bambang di gedung dewan, Senin (22/7/2019).

Dijelaskan Bambang, partai Demokrat akan memiliki tim tersendiri dalam menjaring dan menyeleksi bakal calon di Pilwali 2020. Diantaranya, dari DPP sebanyak tiga orang, DPD provinsi tiga orang dan dari DPC kota pun sebanyak tiga orang.

“Jadi yang direkomendasikan untuk diusung nanti menang orang yang benar-benar memiliki kapasitas dan kapabilitas,” katanya.

Memang diakui Bambang, bahwa partai Demokrat pada Pemilu 2019 hanya meraih lima kursi di DPRD Banjarmasin periode 2019-2024, sehingga perlu adanya koalisi untuk bisa mengusung calon di Pilkada tahun 2020.

Sebab, ujar Bambang, sesuai aturan Pilkada sebelumnya, jika ingin mengusung calon, harus 20 persen dari total kursi legislatif atau sekitar 9 kursi dari 45 kursi yang ada. Dan saat ini yang bisa mengajukan calon sendiri  hanya Partai Amanat Nasional (PAN).

“Ada beberapa tokoh partai yang sudah melakukan pendekatan kepada Demokrat. Kemungkinan itu bisa diusung partai kami. Tapi tentunya yang resmi itu diumumkan setelah pelantikan DPRD nanti,” jelasnya.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here