Kam. Apr 2nd, 2020

Denyut Peringatan Sumpah Pemuda ke-89 di Kotabaru

2 min read

Babinkamtibmas Kelurahan Baharu Selatan, Kotabaru, Bripka Ardi saat sosialisasi bahaya narkoba di tengah momentum Sumpah Pemuda ke-89, Sabtu (28/10/2017). Istimewa for Redkal.com

KabarKalimantan, Kotabaru – Banyak cara memperingati Sumpah Pemuda ke-89 yang jatuh pada Sabtu (28/10/2017). Di Kabupaten Kotabaru, Babinkamtibmas Kelurahan Baharu Selatan, Kecamatan Pulau Laut Utara, menggelar sosialisasi bahaya narkoba di SMPN 5 Kotabaru.

Ratusan pelajar, guru, dan wali murid turut memenuhi ruang pertemuan. Babinkamtibmas Baharu Selatan, Brigadir Kepala Ardi, memberikan materi soal bahaya mengkomsumsi narkoba dan obat keras ilegal. Ia tampil dengan gaya bahasa lugas dan mudah dipahami.

Bripka Ardi mengatakan sengaja sosialisasi bahaya narkoba agar orangtua, guru, dan pelajar menjauhi barang haram itu. Ardi meminta pelajar serius menuntut ilmu sebagai bekal masa depan.

“Sehingga terhindar dari perbuatan dosa. Saya juga berpesan kepada para orang tua murid untuk menjauhi yang namanya narkoba dan para orang tua pun sepakat mengatakan bersama-sama dengan motto Prestasi Yes, Narkoba No!,” ujar Ardi.

Baca Juga :   Ini Salah Satu Program PKK Kotabaru dalam Memberdayakan Peranan Perempuan

Denyut peringatan Sumpah Pemuda ke-89 juga menjalar ke Yayasan Pendidikan Islam Pondok Pesantren Darul Falah, Desa Gunung Ulin, Kecamatan Pulau Laut Utara. Yayasan ketempatan melaksanakan upacara peringatan Sumpah Pemuda. Adapun Letnan Kolonel (E) Joko Adrianto bertindak sebagai inspektur upacara.

Joko Adrianto mendorong pemuda agar mengisi kemerdekaan dengan kobaran semangat positif melawan radikalisme. Menurut Joko, pemuda masa kini mesti mewarisi semangat api Sumpah Pemuda.

“Janganlah kita mewarisi abu api pemuda, karena kita tidak akan bisa maju. Tapi warisilah api sumpah pemuda yang mana akan memjadikan kita sebagai pemuda yang dapat mengisi kemerdekaan dengam kobaran semangat dan bersemangatlah melawan radikalisme,” ujar Letkol Joko.

Pembina Yayasan Pendidikan Islam Pondok Pesantren Darul Falah, Rijal Fahlepi, menuturkan peserta didik sangat semangat melaksanakan pendidikan di tengah lokasi sekolah yang jauh dari akses perkotaan. Berdiri sejak 2007 di atas lahan 3 hektare, yayasan ini mengelola tiga sekolahan, mulai tingkat SD, SMP sampai SMK Islam Pelayaran Kemaritiman.

Baca Juga :   Pelabuhan Laut Pulau Sebuku Dinilai Layak

“Pelaksanaan upacara Sumpah Pemuda tidak hanya kali ini saja, kami lakukan setiap tahunnya. Dan setiap hari peringatan besar lainnya pun kami juga laksanakan,” jelas Rijal.

Di sana, ratusan pelajar tingkat SD, SMP/sederajat, dan SMK ikut upacara. Selain itu, pejabat yang hadir di antaranya Staf Ahli Pemerintah Kotabaru Hasbi M Tawab, Danlanal Kotabaru, Kapolres Kotabaru, Dandim 1004 Kotabaru, Kepala Pos Basarnas Kotabaru, Perwakilan Dinas Pendidikan Kotabaru, Kepala Desa Gunung Ulin, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

ARDIANSYAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.