Desa se-Kotabaru Diminta Bikin Posko Karhutla

Kepala Polres Kotabaru Ajun Komisaris Besar Suhasto sigap bersinergi menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. Bentuk posko penanggulangan.

Wartawan Ardiansyah

AJUN Komisaris Besar Suhasto gencar menyosialisikan bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Kepala Kepolisian Resor Kotabaru itu mengatakan, pemerintah daerah dan instansi terkait mesti bersinergi menanggulangi karhutla. Kegencaran polisi sendiri, ujar Suhasto, lewat peran Bhabinkamtibmas ke desa-desa.

Suhasto mengatakan, Polres Kotabaru sudah mendirikan posko utama karhutla di Mapolsek Pulau Laut Utara. Selain posko utama, kata dia, semua mapolsek mempunyai posko dan peralatan pemadaman karhutla. “Kami harus memperkuat sosialisasi tentang kebakaran hutan dan lahan,” timpal AKBP Suhasto saat rapar koordinasi di aula Praja Arya Ghupta Mapolres Kotabaru, Selasa (29/8).

Rakor karhutla diikuti jajaran kepolisian, TNI-AD, TNI-AL, Basarnas Kotabaru, tokoh masyarakat, perwakilan perusahaan, dan jajaran Pemkab Kotabaru.

Sekretaris Daerah Kotabaru, Said Akhmad mengatakan, pemangku kepentingan di tingkat kecamatan, desa, dan perusahaan swasta mesti membentuk tim penanggulangan karhutla di wilayah kerja masing-masing. Said berharap kantor kecamatan dan kantor desa aktif mendirikan posko penanggulangan karhutla agar cepat merespons setiap titik api.

“Saya minta juga kepada pihak perusahaan agar mempunyai posko penanggulangan kebakaran hutan dan lahan,” kata Said Akhmad. Permintaan Said direspons positif Camat Pulau Laut Tengah, Melinda. “Agar posko-posko di bentuk di kecamatan,” kata Melinda.

Adapun Kabag Ops Polres Kotabaru, Kompol Arif Prasetya, memaparkan soal tata cara penanggulangan dan peralatan yang dimiliki Polres Kotabaru untuk penanggulangan karhutla. Para peserta rapat pun saling menyampaikan saran dan masukan mengantisipasi karhutla di Kotabaru.

Dalam rapat koordinasi yang dihelat Polres Kotabaru itu aneka macam paparan disampaikan. Di antaranya, Kabag Ops Polres Kotabaru Kompol Arif. Ia memaparkan tentang tata cara penanggulangan dan peralatan yang dimiliki Polres Kotabaru untuk menanggulangi karhutla di Kotabaru. Di rapat itu, beberapa peserta yang hadir ‘diwajibkan’ menyampaikan saran dan pendapat.

Camat Pulau Laut Tengah Melinda menyampaikan agar posko posko penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. “Posko patut juga dibentuk di kecamatan,” katanya.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here