Sab. Sep 26th, 2020

“DEWA CINTA” Disdukcapil Balangan Sambangi Warga Pedalaman

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Berbagai inovasi terus dilakukan untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan khususnya terkait KTP Elektronik (e-KTP). Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Balangan pun harus turun langsung ke lapangan untuk mememberikan pelayanan langsung kepada masyarakat.
Tak ditampik, di Kabupaten Balangan dengan wilayah yang banyak area pegunungan membuat banyak warga yang masih enggan mengurus dokumen kependudukan. Atas dasar ini lah Disdukcapil Balangan melakukan layanan jemput bola dengan turun langsung menyisir wilayah terpencil.

Inovasi program pelayanan pun dibuat dengan nama Dokumen Kependudukan Warga Terpencil yang Terlayani yang disingkat menjadi DEWA CINTA.

Kepala Disdukcapil Balangan Hifziani menyatakan, program jemput bola yang dinamakan DEWA CINTA ini tidak terlepas dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terkait dokumen kependudukan terutama untuk masyarakat pedalamam yang tergolong terpencil.

“Program DEWA CINTA ini sudah kita lakukan dari tahun 2016 lalu, sampai sekarang terus berjalan dan hasilnya ratusan warga telah banyak memiliki dokumen kependudukan,” ucapnya, Kamis (6/8/2020).

Petugas Disdukcapil sendiri, lanjut dia , akan melakukan pendataan pada daerah yang akan didatangi. Biasanya dipilih daerah pinggiran atau terpencil agar pelayanan yang diberikan bisa merata.

Untuk wilayah Balangan, daerah terpencil didominasi Kecamatan Halong dan Tebing Tinggi tepatnya di wilayah Pegunungan Meratus yang merupakan tempat tinggal komunitas adat dayak.

Selain itu,  pihaknya menerima panggilan perekaman e-KTP bagi warga yang tidak mampu, atau tidak bisa datang ke Kantor Disdukcapil untuk melakukan perekaman, seperti lumpuh atau berkebutuhan khusus.

“Kami selalu berusaha memaksimalkan pelayanan kependudukan, dan yang terpenting semua pelayanan dokumen kependudukan seperti KTP, akta kelahiran dan lainnya gratis,” jelasnya.

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.