Dewan Apresiasi Rencana Pemko Transparasi Data Aset

605

KabarKalimantan, Banjarmasin – Kalangan Wakil Rakyat di DPRD Banjarmasin mengapresiasi atas wacana Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin dalam menyiapkan transparansi seluruh data aset yang dimiliki.

Selama ini, permasalahan aset tidak hanya menjadi perhatian di DPRD Banjarmasin saja, kalangan masyarakat pun menginginkan adanya transparasi dan pengelolaan terkait aset yang dinilai belum maksimal ini.

“Wajar saja masyarakat menuntut Pemkot untuk menyampaikan data aset yang dimiliki kota ini secara transparan,” kat Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Suprayogi kepada wartawan, Kamis (25/10/2018).

Dari data yang diterima DPRD, kata Suprayogi, ada kurang lebih 19 milik Pemkot Banjarmasin yang telah dikerjasamakan dengan pihak ketiga, perlu ditinjau ulang atau dievaluasi. Agar kemungkinan terjadinya kerugian pemerintah, dapat diminimalisir. “Ya perlu adanya evaluasi lagi, termasuk aset yang sudah dikerjasamakan ke pihak ketiga,” katanya.

Upaya untuk meninjau kembali perjanjian kerjasama aset yang dimiliki Banjarmasin ini pun menurutnya, sangat penting dilakukan. Sesuai dengan apa yang tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang Kerjasasama Aset Milik Pemkot dengan pihak ketiga.

Baca Juga :   Siti Tetap Bertahan di Samping Kolong Jembatan

Dalam Perda itu juga diatur soal batas waktu  perjanjian terhadap aset yang dikerjasamakan. Setiap aset milik Pemkot Banjarmasin dibantasi hanya dalam kurun waktu lima tahun.”Kalau kerjasama aset itu menguntungkan, bisa saja kemungkinan diperpanjang. Jika tidak, harus ditunjau lagi,” ujarnya.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini menambahkan, melalui panitia khusus DPRD pun juga tengah membahas Raperda tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah ini. Diharapkan melalui payung hukum itu, pendataan  aset hingga  pengelolaannya dapat dilaksanakan lebih maksimal.

Smara Aqdimul Azmi

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here