Dewan Desak Pemkot Terapkan Perda Minol

184

KabarKalimantan, Banjarmasin – Peraturan Daerah (Perda) Nomor 27 tahun 2011 tentang Pengawasan dan Pengendalian Minuman Beralkohol telah direvisi. Kalangan legislatif di DPRD Banjarmasin pun mendesak pemerintah kota benar-benar menjalankan payung hukum tersebut dengan tegas.

Anggota DPRD Banjarmasin Elly Rahmah menilai, penerapan Perda yang telah direvisi tersebut belum maksimal dijalankan oleh Pemkot Banjarmasin. Tidak hanya memperketat, dengan berlakunya Perda, ini akan dapat mengurangi peredaran minuman beralkohol secara ilegal di Banjarmasin.

“Apalagi sekarang banyak tempat-tempat atau restoran, tidak memiliki izin yang sah. Kami menginginkan ketegasan Pemkot dalam mengatasi tempat-tempat tersebut,” ucap Elly sapaan akrabnya kepada wartawan, Kamis (26/7).

Penegakan perda menurut Elly menjadi tanggungjawab pemerintah, khususnya Satpol PP, termasuk DPMPTS dan Dinas Pariwisata Banjarmasin. “Kalau dinas terkait itu tidak melakukan tugasnya dengan baik, bagaimana bisa mengatasi permasalahan meluasnya peredaran minol yang tidak berizin di kota ini,” jelasnya.

Baca Juga :   Dewan Wacanakan Naikkan Retribusi Minol

Terkait perizinan bagi restoran atau tempat yang menjual minol lanjutnya, perlu memiliki SIUP-MB yang telah diperbaharui. Artinya dinas terkait diharapkan segera melakuakan pengecekan dilapangan. “Kan bisa saja kemungkinan ada tempat memiliki izin yang sudah kedaularsa. Apalagi sekarang pemesanan minol sangat mudah, bisa menggunakan jasa ojek online,” tekannya.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN)  ini menambahkan, pihaknya berharap pelaku usaha minol benar-benar menaati aturan yang telah disahkan oleh pemerintah. Apalagi Banjarmasin menurtnya tengah gencar menggalakkan tagline Kota Baiman.

“Kan  Perdanya sudah jelas, taati apa yang telah kita sepakati bersama. Jangan sampai perda yang sudah sama-sama di sepakati, mandul akibat tidak ada ketegasan dari pemerintah kota Banjarmasin,” tegasnya.

Smara Aqdimul Azmi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here