Jum. Sep 25th, 2020

Dewan Diminta Tetap Serap Aspirasi Melalui Reses

1 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Anggota DPRD Banjarmasin dijadwalkan kembali melaksanakan kegiatan reses secara serentak di lima kecamatan se-Kota Banjarmasin. Rencananya kegiatan ini dimulai pada 25-27 April 2019.

Anggota DPRD Banjarmasin secara langsung akan mendengarkan masukan dan aspirasi masyarakat, terutama terkait permasalahan penyelenggaraan pemerintahan daerah maupun kebutuhan pembangunan.

“Kegiatan menyerap aspirasi masyarakat ini digelar selama tiga hari,” ujar Ketua DPRD Banjarmasin, Ananda di Gedung DPRD Banjarmasin, Rabu (24/4/2019).

Sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, reses merupakan salah satu kewajiban setiap anggota dewan dan menjadi wadah atau media untuk menampung dan menyerap aspirasi masyarakat yang diwakilinya, sesuai dapil masing-masing.

Politikus Partai Golkar ini pun berharap, koleganya di DPRD Banjarmasin tetap melaksanakan kegiatan ini. Walaupun seluruh anggota dewan diakuinya, masih sibuk memantau perolehan suara mereka di dapil masing-masing.

Baca Juga :   Puluhan Guru Honor Merasa Diberi Harapan Palsu

“Reses ini progaram kerja yang telah disepakati dalam rapat paripurna. Ini pun masih menjadi tanggung jawab dewan. Memang tidak ada sanksi bagi yang tidak berhadir,” terangnya.

Sementara itu, anggota DPRD Banjarmasin Matnor Ali mengatakan, reses ini memang menjadi salah satu kewajiban anggota dewan. Ketika kegiatan ini dilaksanakan, maka hak tunjangan reses dapat diberikan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Dalam PP 18 Pasal 8 Ayat 2, dijelaskan bahwa tunjangan reses diberikan kalau dewan melaksanakan kegiatan itu,” katanya.

Sebaliknya ujar Matnor, tunjangan itu tidak dapat diberikan jika kegiatan ini tidak dilaksanakan. “Kalau dewan tidak melaksanakan, dan diberikan tunjangan, ini akan berisiko dan dapat menjadi temuan BPK,” jelasnya

Reporter: Smara Aqdimul Azmi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.