Sel. Mar 31st, 2020

Dewan Inginkan Pemkot Perhatikan Nasib Damkar

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) memiliki andil besar dalam menanggulangi bencana kebakaran. Namun, menurut wakil rakyat di DPRD Banajrmasin, tugas berat Damkar ini belum sebanding dengan kesejahteraan mereka.

Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin Faisal Hariyadi menuturkan, kesejahteraan petugas Damkar di Banjarmasin dinilai memang masih belum layak. Selama ini bantuan untuk kesejahteraan mereka masih bersumber dari swadaya masyarakat.

Ironisnya lagi, Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin pun tidak bisa berbuat banyak. Bahkan bantuan untuk kesejahteraan petugas Damkar melalui dana hibah juga tidak dapat dikucurkan.

“Dulu memang ada bantuan, tapi sekarang tidak bisa, karena ada permenkeu beberapa tahun lalu yang tidak memperbolehkan hal itu,” jelas Faisal kepada wartawan Kabar Kalimantan kemarin.

Dengan kondisi seperti ini, Faisal berharap, Pemkot Banjarmasin mencari opsi lain terkait kesejahteraan Damkar tersebut. Tidak hanya berupa uang tunai, bantuan menurutnya juga bisa berupa peralatan.

Baca Juga :   Tingkatkan Jumlah Kepesertaan, BPJS Kesehatan Gandeng Baznas

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menambahkan, tugas berat Damkar menanggulangi bencana kebakaran tidak bisa dianggap enteng. Pasalnya, kemungkinan risiko kecelakaan kerja saat bertugas bisa saja terjadi.

Hal inilah yang menurutnya menjadi tolak ukur mengapa Pemkot Banjarmasin juga harus lebih memperhatikan keadaan mereka. “Paling tidak ada solusi dari pemerintah terhadap hasil kerja mereka,” ungkapnya.

Di pihak lain, salah satu petugas Damkar Banjarmasin Sopian (46) kepada wartawan Kabar Kalimantan mengungkapkan hal serupa, selama ini mereka memang mandapat bantuan dari sumbangan uang tunai dari masyarakat. Bahkan menurutnya, untuk memelihara perelatan pemadam kebaran, mereka juga cukup kesulitan.

“Seandainya bisa dan ada bantuan dari Pemerintah Bajarmasin, kami pemadam dangat bersyukur. Kalaupun tidak ada, mau apalagi, kami cuma berharap. Yang penting bencana kebakaran dapat kami tanggulangi apapun risikonya,” jelasnya.

SMARA AQDIMUL AZMI

Baca Juga :   Senin Depan, Pemkot Banjarmasin Bakal Lantik Tiga Kepala Dinas dan Direktur RSUD Sultan Suriansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.