Sab. Nov 28th, 2020

Dewan Minta APBD 2021 untuk Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi

1 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – DPRD Banjarmasin menginginkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021 mengarah ke pemulihan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19.

Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin H Muhammad Yamin mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan pembahasan rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Angggaran Sementara (PPAS) Banjarmasin tahun 2021.

“Kami di badan anggaran mengharapkan dalam penyusunan anggaran tahun 2021 ini memaksimalkan program pemulihan ekonomi,” ujar Yamin, Rabu (21/10/2020)

Sebab menurut Yamin, akibat pandemi Covid-19, perekonomian di Banjarmasin sangat menurun tajam, sampai-sampai pendapatan daerah pun berkurang mencapai 23 persen.

Yamin menjelaskan, KUA PPAS tahun 2021 yang diajukan pemerintah kepada dewan dan dibahas dalam rapat badan anggaran, proyeksi pendapatan daerah totalnya hanya sebesar Rp1,3 triliun.

“Jadi harus maksimal dan tepat dalam menyusun program. Yang utama itu harus memperhatikan kondisi ekonomi yang perlu dipulihkan cepat,” katanya.

Pihaknya pun di badan anggaran akan memperhatikan secara detail program yang telah diajukan pemerintah kota di tahun 2021, guna memastikan sebagian besar program mengarah pada peningkatan pergerakan ekonomi daerah.

“Semua harus bersatu membangkitkan ekonomi daerah ini,” ucapnya.

Selain itu, politikus Gerindra ini juga terus mengimbau warga di Kota Seribu sungai untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh pemrintah setempat. Menggunakan masker, sering mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

“Paling tidak warga mematuhi protokol kesehatan. Kami bersama perintah juga akan berusaha kembali membangkitkan perekonomian di kota ini,” ujarnya.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.