Dewan Minta Raperda Pemkab Balangan Sesuai Kebutuhan

214
Paripurna DPRD Balangan. Istimewa

KabarKalimantan, Paringin – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan menyampaikan Nota Penjelasan Bupati Balangan Terhadap 5 (Lima) Naskah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Balangan, Senin (15/1) kemaren

Rapat yang dipimpin Wakil Ketua I DPRD Syabirin SE dengan didampingi Waket II M Nor Iswan ini dihadiri sejumlah anggota DPRD. Dari pihak eksekutif (Pemkab) hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Balangan Ir H Ruskariadi, serta sejumlah Kepala SKPD dan Camat di lingkungan Pemkab Balangan.

Kelima Naskah Raperda tersebut meliputi Raperda tentang pengelolaan barang milik daerah, Raperda tentang penyelenggaraan elektronik pada pemerintahan daerah, Raperda tentang rencana pembangunan industri kabupaten, Raperda tentang urusan yang menjadi kewenangan daerah dan Raperda tentang perubahan atas peraturan daerah kabupaten Balangan Nomor 5 tahun 2014 tentang izin lokasi.

Dalam Nota Penjelasan Bupati Tentang Lima Naskah Raperda yang dibacakan oleh Sekdakab Ir H Ruskariadi, bahwa Raperda-Raperda di atas hanyalah mencakup sebagian sangat kecil saja dari keseluruhan potensi dan permasalahan yang harus dikelola. Namun disadari bahwa dalam setiap langkah yang paling kecil pun memerlukan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Balangan maupun dari dewan yang terhormat selaku wakilnya.

Baca Juga :   Ini Hasil Kinerja DPRD Balangan Selama 2017

“Kami berharap lima Raperda tersebut dapat segera diproses ke tahap pembahasan selanjutnya,” katanya.
Waket I DPRD Syabirin selaku pimpinan sidang berharap kelima buah Raperda yang disampaikan ke DPRD Balangan dapat segera dibahas dan disahkan menjadi Perda Pemerintah Kabupaten Balangan Tahun 2018.

“Dengan disampaikannya 5 Nota Raperda tersebut anggota Dewan segera melaksanakan pembahasan dan penyampaian Pandangan Umum melalui Fraksi-fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Balangan dan dapat segera disampaikan dalam Sidang Paripurna selanjutnya,” imbuhnya.

Pada sidang Paripurna kedua Terkait pengajuan lima buah Raperda yang disampaikan oleh Pemkab Balangan ke DPRD Balangan, secara resmi kalangan legislative ini memberikan pandangannya berupa masukan dan kritikan.

Dalam pandangannya, fraksi PKS yang dibacakan oleh Rusdiansyah menyampaikan, barang milik daerah (aset) sebagai salah satu unsur penting dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan, dan pelayanan kepada masyarakat harus dikelola dengan baik dan benar.

Baca Juga :   PKK Balangan Ingatkan Pengawasan Gizi Anak

Seiring dengan semakin meningkatnya tugas-tugas pemerintah daerah dan tuntutan masyarakat terhadap fasilitas pelayanan, kata Rusdiansyah, maka dalam pengelolaan aset agar supaya dapat dimanfaatkan secara optimal, efektif, efisien, tidak menimbulkan pemborosan dan dapat dipertanggungjawabkan. Berkaitan dengan hal-hal itu, dan untuk menjamin terlaksananya tertib pengelolaan barang milik daerah

“Kami yakin tujuan di buatnya Raperda ini Pemerintah Daerah sudah menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Daerah pada saat ini. dan nanti Apabila Raperda ini sudah menjadi Perda kami berharap semua itu harus di dijalankan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan harus di patuhi oleh semua pihak terutama di lingkup pemerintahan Kabupaten Balangan,’’ ungkapnya.

Sedangkan fraksi Gabungan Perubahan, dalam pandangannya yang disampaikan oleh Muhammad Rizkan menyampaikan, jika keberhasilan Peraturan Daerah dapat diukur hingga sejauh mana Peraturan Daerah mampu untuk di jadikan dasar hukum dan dapat di terapkan oleh pemerintah dalam rangka membuat kebijakan – kebijakan yang mengikat, serta tidak berbenturan dengan kearifan local.

Baca Juga :   Pemkab Balangan Jamin Kebutuhan Pangan Masyarakat

“Peraturan Daerah yang telah kita buat semoga bukan cuma peraturan yang harus kita terapkan tetapi dapat menjadi cermin untuk kesejahteraan dan tujuan kita bersama dalam membangun Bumi Balangan yang kita lebih baik,” harapnya.

Tidak jauh berbeda fraksi Golkar melalui jubirnya, Dadang Idi Fajeri mengingatkan, agar keberadaa perda nantinya bisa berjalan dengan baik dan sesuai tujuan awal pembuatannya.

“Kita selalu mendukung berbagai upaya yang dilakukan pemerintah untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Mari kita bersama-sama untuk saling mendukung demi kemajuan bersama,’’ tegasnya.

F. M HIDAYATULLAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here