Dewan Minta Upaya Pencegahan DBD Ditingkatkan

19

KabarKalimantan, Banjarmasin – Anggota DPRD Banjarmasin Istiqomah menginginkan pemerintah setempat lebih intens melakukan upaya pencegahan terhadap kemungkinan timbulnya penyebab penyakit terutama Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Saat ini musim hujan, jadi pemerintah maupun masyarakat diharapkan lebih siaga terhadap kemungkinan munculnya penyakit DBD,” ucapnya kepada wartawan di gedung dewan, Senin (6/1/2020).

Selain itu, Politikus Partai Amanat Nasional ini berharap, instansi terkait labih gencar melakukan sosialisasi termasuk upaya pencegahan dengan melakukan fogging di wilayah yang dinilai rawan penyebaran penyakit.

“Membersihkan selokan, tempat penampungan air di saat musim hujan ini sangat penting dilakukan.  Mencegah lebih baik, paling tidak dengan lingkungan yang bersih warga bisa terhindar dari virus nyamuk Aedes Aegypti pembawa penyakit DBD,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengatkan, pada saat musim hujan memang akan diiringi dengan meningkatnya pertumbuhan jentik nyamuk, salahsatu diantaranya nyamuk penyebab utama Demam Berdarah Dengue.

Baca Juga :   Pemkot Diminta Kelola Aset Bergerak 

Sehingga kegiatan pemberantasan sarang nyamuk sangat perlu dilakukan, terutama bagi anak-anak. “Kami sudah melaksanakan sosialisasi terkait ini, agar warga dapat waspada dan melaksanakan 3M di tempat tinggal masing-masing. Kalau sampai saat ini kasus DBD di Banjarmasin berkurang,” ungkapnya.

Ia menambahkan, selain di lingkungan tempat tinggal, langkah pemberantasan sarang nyamuk dengan melaksanakan menguras bak penampungan air, menutup dan mengubur barang bekas yang dapat menampung air hujan, juga harus dilakukan di lingkungan sekolah, terutama pada bagian bak penampungan air di toilet atau WC.

“Di sekolah juga sangat rawan tumbuh dan berkembang penyakit DBD ini, karena terdapat bak penampungan air. Bahkan bisa saja jarang dibersihkan atau di kuras,” ucapnya.

Wartawan: Smara Aqdimul Azmi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here