Dewan Sahkan Perda SOTK, Penanganan Sungai Masih pada Dinas PUPR

1 min read
2.089

KabarKalimantan, Banjarmasin – Legislatif dan eksekutif Banjarmasin telah mensahkan Perda Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK). Dalam Perda itu, Pemadam Kebakaran (Damkar) kini tidak lagi bergabung dengan Satpol PP, melainkan berdiri sendiri.

Untuk Dinas Pemuda dan Olahraga kini digabung bersama Dinas Pariwisata. Sementara penanganan sungai masih berada pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin.

Baca Juga :   Kenapa Debit Air Bersih Berkurang di Tiga Kecamatan Ini?

Ketua DPRD Banjarmasin Harry Wijaya menyampaikan, sampai saat ini pihak legislatif setempat masih memperjuangkan Dinas Sungai untuk berdiri sendiri.

Mengingat, ujar Harry, Banjarmasin merupakan kota yang memiliki banyak aliran sungai. Apalagi kota ini menyandang gelar Kota Seribu Sungai. Belum lagi beberapa waktu lalu telah terjadi musibah banjir, sehingga perlu adanya SKPD yang menangani secara khusus.

Baca Juga :   Paman Birin Terima Anugerah Pena Emas dari PWI Pusat

“Kami akan mengusulkan lagi Dinas Sungai ke kementerian,” ujar Harry.

Selain itu, Politikus PAN ini pun meminta, penangan sungai yang menjadi bidang di Dinas PUPR, seyogyanya menggunakan anggaran untuk normalisasi sungai dengan tepat dan efektif.

Baca Juga :   Dana CSR Harus Lebih Terarah

“Terkait saran walikota untuk menggabung Dinas Sungai ke Perkim, itu sangat bagus. Selain itu, karena Damkar sudah menjadi dinas, maka sebaiknya BPK swasta tetap dinaungi dan diakomodir,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *