Dewan Sarankan Kocok Ulang Jembatan Kotabaru 

2 min read
22

Anggota DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Hj Syarifah Santiyansyah menyarankan perlunya pembahasan lagi rencana pembangunan Jembatan Selat Pulau Laut Kotabaru.

Wartawan Smara Aqdimul Azmi/Antara

PEMERINTAH Provinsi Kalsel bersama Pemerintah Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu (Tanbu) disarankan perlu kembali “duduk satu meja”. Duduk bersama untuk mematangkan perencanaan pembangunan jembatan yang menyambung Pulau Laut dan daratan Kalimantan itu.
“Pembahasan tersebut di antaranya berkaitan tindak lanjut pembangunan jembatan pendekat. Yaitu bentang penghubung yang diharapkan dari dana bantuan pemerintah pusat,” ujar Hj Syarifah Santiyansyah, anggota DPRD Kalsel.
Politikus Partai Golkar itu menyarankan, agar Komisi III DPRD Kalsel memfasilitasi pertemuan tersebut dengan Pemkab Kotabaru dan Tanah Bumbu. Mafhum, dari pemantapan pembahasan atas perencanaan pembangunan Jembatan Kotabaru itu, Dewan mencatat lebih memaksimalkan perjuangan ke pemerintah pusat. Hal ini agar jembatan yang menghubungkan daratan Kalimantan dengan Pulau Laut itu, terwujud.
“Jangan sampai pembangunan Jembatan Kotabaru yang sejak lama menjadi dambaan masyarakat itu mangkrak (terbengkalai),” kata dia. Dengan begitu, pembahasan yang sudah lalu menjadi sia-sia alias mubazir. Diketahui, perencanaan awal pembangunan Jembatan Kotabaru memerlukan dana Rp 3,6 triliun lebih. Penyediaan dana segede itu dilakukan dalam sistem sharing. Artinya, Pemprov Kalsel Rp 500 miliar, Pemkab Kotabaru dan Tanbu masing-masing Rp 250 miliar. Selebihnya mengharap bantuan pemerintah pusat.
Pada pelaksanaan pembangunan Jembatan Kotabaru, jembatan pendekat telah dibangun sejak tahun 2015. Setelah itu belum menunjukan kemajuan signifikan. Pasalnya, pemerintah pusat belum mengucurkan bantuan. Saran Hj Syarifah, sekembali berhalal bihalal lebaran Idul Fitri 1438 H dengan konstituennya bersama Bupati Kotabaru Sayed Jafar di Desa Sengayam Kotabaru, akhir pekan lalu, kelanjutan pembangunan jembatan tidak jalan di tempat.[]

Baca Juga :   Laskar ZR Siap Menangkan Pasangan ZR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *