Dewan Soroti Gedung Baru Duta Mall Banjarmasin

70

KabarKalimantan, Banjarmasin – Lagi-lagi Duta Mall (DM) Banjarmasin disoroti kalangan wakil rakyat di DPRD Banjarmasin. Bangunan baru yang tengah dikerjakan DM ternyata belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari pemerintah setempat.

Hal ini terungkap saat Komisi I DPRD Banjarmasin melakukan rapat kerja bersama Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Banjarmasin, Jumat (8/11/2019).

Anggota Komisi I DPRD Banjarmasin Deddy Sophian pun angkat bicara. Dirinya menilai, seharusnya pemerintah melakukan tindakan tegas terhadap dugaan pelanggaran pembangunan yang tengah dilakukan DM Banjarmasin.

Pasalnya, DM Banjarmasin sudah melakukan pembangunan tanpa mengatongi IMB terlebih dulu. Ditambah lokasi berdirinya bangunan baru DM ternyata termasuk dalam wilayah pemukiman. Tentu ini juga melanggar Perda RT/RW yang berlaku.

“Kami berharap pemerintah setempat lebih bijak dalam menyikapi hal ini. Apalagi ada Perda yang dilanggar, jangan tebang pilih. Kalau melanggar ya kembalikan ke aturan yang berlaku,” ujar Deddy.

Baca Juga :   DPRD Banjarmasin Godok Raperda RP2K-PKPK

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa ini pun berharap, Pemkot Banjarmasin bergerak cepat untuk menyelesaikan masalah ini. Jangan sampai, ingatnya, kawasan permukiman itu malah dijadikan kawasan bisnis.

“Kasihan warga di sekitar DM itu juga kena imbasnya. Dampak yang paling fatal yakni berakibat rusaknya rumah warga dan jalan pemukiman di kawasan RT 23 RW 2 Kelurahan Melayu,” bebernya.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Banjarmasin Muryanta saat dikonfirmasi tidak berkomentar banyak, dirinya mengatakan penerbitan IMB untuk bangunan baru DM Banjarmasin masih dalam proses. “Kalau saya sifatnya administrasi saja, izinnya masih dalam proses,” katanya singkat.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here