Rab. Agu 12th, 2020

Di Puncak Peringatan HKSN 2019, Wapres Beberkan Dua Masalah Bangsa Indonesia

2 min read

KabarKalimantan, Banjarbaru – Dalam puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019, Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin membeberkan dua masalah yang dihadapi bangsa Indonesia.

Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin yang dalam kesempatan tersebut hadir didampingi sang istri Wuri Estu Handayani menyampaikan, dua persoalan sosial yang tengah dihadapi bangsa Indonesia, yakni intoleransi dan ketimpangan sosial.

Ia mengatakan, intoleransi yang dimaksudnya adalah perbedaan pandangan berlebihan terkait agama, suku, hingga sikap politik yang berkembang di tengah masyarakat.

“Persoalan ini bukanlah hal sepele jika tak ditangani dengan baik. Sumber radikalisme dan (dalam kondisi tertentu) bahkan terorisme,” kata Ma’ruf di hadapan peserta puncak HKSN di halaman Kantor Pemprov Kalimantan Selatan, pada Jum’at (20/12/2019).

Kemudian masalah kedua, ialah terkait persoalan ketimpangan atau kesejahteraan sosial yang masih menjadi problem bangsa Indonesia. Menurut dia, timpangnya status sosial seseorang bisa merembet ke persoalan lain.

Baca Juga :   Paman Birin bersama Bupati/Walikota se-Kalsel Tinjau Pembangunan Bandara Syamsudin Noor 

“Indonesia memang berhasil menurunkan angka kemiskinan menjadi 9,41 persen. Tapi ketimpangan antara kelompok kaya dan miskin masih ada,” ucap Ma’ruf.

Untuk mengatasi dua masalah itu, Ma’ruf menuturkan, pentingnya nilai kesetiakawanan sosial di masyarakat. Oleh sebab itu, ia menilai momentum semacam HKSN ini bisa memicu tumbuhnya sikap-sikap kesetiakawanan.

“Bagi masyarakat Kalsel, saya menyambut gembira penyelenggaraan HKSN tahun ini. Saya ucapkan terima kasih,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari pemerintah pusat yang telah memilih Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah HKSN 2019.

“Suatu kehormatan atas kepercayaan ini. Kami berharap, peringatan HKSN di Kalimantan Selatan ini dapat meninggalkan kesan dan menebar kesetiakawanan dalam kehidupan. Dari Kalimantan Selatan untuk Indonesia dan dunia,” pungkas Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini.

Reporter: Syahri Ramadhan

Baca Juga :   2019, Disdikbud Kalsel Bangun Dua SMA

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.