Di Tengah Pandemi, Disdukcapil Balangan Tetap Optimalkan Pelayanan Dokumen Kependudukan

1 min read
2.202

KabarKalimantan, Paringin – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Balangan terus mengupayakan pelayanan optimal khususnya untuk kebutuhan dokumen kependudukan, meskipun saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

Jika sebelumnya pelayanan dalam administrasi kependudukan seperti perekaman e-KTP dilakukan dengan mendatangi tempat-tempat terpencil dan sekolah-sekolah secara terjadwal, maka saat pandemi ini dilakukan hanya saat kondisi tertentu serta adanya permintaan langsung dari masyarakat.

Baca Juga :   160 Anggota Polres Balangan Divaksin Covid-19

Kepala Disdukcapil Kabupaten Balangan Hifziani mengungkapkan, meski saat pandemi seperti saat ini, antusiasme masyarakat terhadap pentingnya dokumen administrasi dan catatan sipil tetap tinggi.

Jika sebelumnya, kata Hifzi, guna memberikan pelayanan terbaik pihaknya melakukan berbagai cara termasuk dengan cara jemput bola turun langsung ke lapangan, menyisir wilayah terpencil.

Namun untuk saat ini, hal tersebut tidak dilakukan lagi karena selain masa pandemi juga menyesuaikan anggaran yang ada. Sehingga, lanjut dia, selain memaksimalkan pelayanan secara online, masyarakat juga diarahkan melakukan perekaman e-KTP di kantor kecamatan wilayah masing-masing.

Baca Juga :   Jaksa Bantu Tagih Piutang PLN dan PDAM Balangan

“Namun jika ada masyarakat yang datang ke Kantor Disdukcapil juga tetap dilayani, serta adanya permintaan khusus seperti bagi warga sakit maupun kondisi darurat lainnya kita tetap melakukan perekaman dengan cara mendatangi masyarakat langsung,” ujarnya, Senin (13/9/2021).

Baca Juga :   Hanil Tamjid Dilantik Jadi Wakil Ketua DPRD Balangan

Teranyar, menurut Hifzi, pihaknya bekerja sama dengan TP-PKK Balangan melakukan perekaman terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

“Kami selalu berusaha memaksimalkan pelayanan kependudukan, dan yang terpenting semua pelayanan dokumen kependudukan seperti KTP, akta dan lainnya gratis,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *