Jum. Jul 3rd, 2020

Di Tengah Pandemi, Inspektorat Tanbu akan Tetap Laksanakan Audit Administrasi Desa

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Ancaman pandemi Covid-19 nampaknya tak mengendurkan kinerja Inspektorat Kabupaten Tanah Bumbu untuk menjalankan tugas melakukan audit terhadap penggunaan dana desa yang sudah digelontorkan pemerintah.

Kepala Inspektorat Kabupaten Tanah Bumbu Ikhsan Budiman mengatakan, dalam melaksanakan audit administrasi di semua desa di wilayah Bumi Bersujud, pihaknya mengacu pada Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) yang sudah terencana sebelumnya.

“Seperti biasa, kami melaksanakan audit ini satu kali dalam satu tahun, dan itu kami lakukan pada triwulan kedua. Sebab, pada triwulan pertama, pemerintah desa biasanya hanya memulai pelaksanaaan kegiatan-kegiatannya,” katanya, Jumat (29/5/2020).

Adapun kriteria penggunaan dana desa yang diaudit, lanjut Ikhsan, apabila desa tersebut dalam melaporkan penggunaan anggaran yang sudah terlambat dipakai, serta terkait kinerja aparat desa yang ada di desa tersebut.

“Kalau memang ada temuan ketika dilakukan pemeriksaan pada pengelolaan keuangan, maka kami berikan teguran kepada aparatur desa untuk mengembalikan dana tersebut ke kas desa,  karena pelaksanaan audit reguler ini sifatnya hanya pembinaan. Tapi, kalau ada kasus penyelewengan, maka akan kami lakukan pemeriksaan khusus kepada aparatur desa yang bersangkutan,” terangnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.