Sel. Mei 11th, 2021

Di Tengah Pandemi, Poktan Mangkalapi Sempatkan Panen Padi

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19, Kelompok Tani (Poktan) Kayuh Baimbai II Desa Mangkalapi, Kecamatan Kusan Hulu melakukan panen raya padi, Rabu (29/4/2020).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu Ahmad Fauraji mengatakan, luas lahan tanaman padi yang dipanen Poktan Kayuh Baimbai II ini mencapai 50 hektare, dengan masing-masing pemiliknya seluas 2 hektare yang terdiri dari 25 orang petani.

“Bibit padi yang dipanen ini jenis bibit padi unggul Gogo dan Buyung, yang khusus ditanam di daerah dataran tinggi atau pada daerah pegunungan. Dalam 1 hektare, hasilnya mencapai 4,8 ton gabah kering,” ungkap Fahruraji.

Untuk pemasaran hasil panen ini, lanjutnya, pihaknya tidak ikut campur. “Para petani di desa ini sudah biasa¬†menjual hasil panen padinya di pasar lokal desa setempat,” jelasnya.

Selain menyaksikan panen raya padi tersebut, Dinas Pertanian Tanbu juga bergerak untuk membagikan  ratusan masker kepada para petani dan sejumlah masyarakat yang ada di sekitar.

“Mudah-mudahan, panen padi para petani Desa Mangkalapi ini dapat mencukupi perekonomian masyarakat setempat di masa sulit akibat pandemi virus corona yang merebak saat ini,” pungkasnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.