Digembleng Militer, Satpol PP Balangan Siap Kawal Perda

Upacara penutupan diklat Satpol PP balangan di Markas Rindam VI Mulawarman, Senin (11/12/2017). Serdadu Rindam VI Mulawarman di Banjarbaru menempa fisik dan mental Satpol PP Balangan. Istimewa

Kabarkalimantan, Banjarbaru – Bupati Balangan H Ansharuddin memimpin upacara penutupan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Satuan Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Balangan di Rindam VI Mulawarman Banjarbaru, Senin (11/12/2017).

Anggota baru Satpol PP Kabupaten Balangan menjalani pendidikan, menempa fisik serta mentalnya selama 15 hari di Markas Rindam VI Mulawarman Banjarbaru. Pendidikan dan Pelatihan Dasar ini sengaja diberikan kepada anggota baru polisi penegak peraturan daerah agar menjadi pribadi yang disiplin, taat perintah, loyalitas kerja serta jiwa korsa yang tinggi.

Komandan Kompi dan kepala pelatih siswa Satpol PP Balangan, Letnan Satu Bajoeri, turut bangga dengan hasil pelatihan yang telah diberikan kepada para siswa sehingga dapat mengubah dan menambah kedisiplinan, dan pengetahuan para siswa tentang Satpol PP.

“kita berikan pendidikan baris berbaris, pelatihan meliter dasar, pengetahuan tentang tugas Pol PP dan menumbuhkan jiwa korsa mereka,” ucap Bajoeri. Untuk kesiapan anggota baru Satpol PP terjun ke lapangan, Bajoeri menjamin anggota baru Satpol PP sudah siap dan mampu menjalankan tugas sebagai penegak perda.

Baca Juga :   Dinas Sosial Balangan Turun ke Lapangan Kawal Program RS-RTLH

Kasat Pol PP Balangan Rahmadi Yusni menilai pelatihhan fisik dan mental sangat berguna bagi para anggota Satpol PP saat bertugas di lapangan. Kedisiplinan dan loyalitas kerja yang tinggi menjadi modal utama bagi angg9ta penegak peraturan.

“Apa yang telah diberikan oleh para pelatih selama 15 hari ini, bisa terus diaplikasikan dalam menjalankan tugas sehari-hari sebagai anggota satpol pp,” Yusni berharap.

Para anggota baru ini akan ditugaskan sebagaimana tugas Satpol PP pada umumnya, namun untuk anggota baru nantinya dilatih lagi menjadi sebuah grub marching band. Grup marching band Satpol PP Balangan bisa difungsikan dalam setiap upacara resmi yang dilaksanakan di Balangan.

“Kita kan belum ada punya grup marching band yang siap dipakai saat ada upacara resmi, maka dari itu kami ingin membentuk grub itu, supaya Satpol PP Balangan memiliki warna yang lain, selain bertugas menegakkan perda juga sebagai pelengkap suatu acara melali macing bandnya,” ujarnya.

Baca Juga :   Kantor Pengadilan Negeri Balangan Segera Berdiri

Semetara itu, Bupati Balangan H Anshruddin, nampak bungah melihat perubahan yang terjadi pada anggota baru Satpol PP, seperti kedisiplinan, rasa hormat, dan gerakan baris berbaris mereka sudah berubah seperti halnya seorang anggota meliter.

“Saya ingin apa yang sudah diberikan oleh pelatih disini, bisa terus dipakai saat bertugas nanti, dan setelah pelatihan ini tugas dan tanggung jawab kalian sebagai penegak perda sudah menunggu untuk dilaksanakan tufoksi kalian,” ujar Ansharuddin.

Upacara penutupan pelatihan dan pendidikan dasar ini diakhiri oleh penampilan atraksi anggota baru Satpol PP Balangan, mulai dari gerakan baris bebaris, bela diri, hingga yel-yel pembakar semangat. Komandan Rindam VI Mulawarman Kolonel Infantri Iwan Ma’ruf Zainuddin, turut hadir di tengah upacara.

F. M HIDAYATULLAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here