Dinas Pariwisata Kalsel Gelar Bimtek Standarisasi Usaha Pariwisata Sektor Perhotelan

19

KabarKalimantan, Banjarmasin – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Standarisasi Usaha Pariwisata di Hotel Nasa Banjarmasin, Selasa (8/10/2019).

Kegiatan yang mengusung tema “Mewujudkan Pelayanan dan Pengelolaan Hotel Secara Profesional” tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepariwisataan dan produktivitas pariwisata, khususnya di bidang perhotelan untuk mewujudkan pembangunan industri pariwisata di Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan Dahnial Kifli mengatakan, pariwisata yang merupakan multisektor diharapkan menjadi sektor unggulan yang kemudian akan membantu mewujudkan Kalsel sebagai destinasi pariwisata nasional.

“Untuk itu sudah barang tentu melengkapi fasilitas-fasilitas pendukung salah satunya industri pariwista, karena industri pariwisata sesuai dengan perundang-undangan No 10 tahun 2009 tentang kepariwisata,” kata Dahnial.

Ia menuturkan, melakukan bimtek kepada pelaku usaha pariwisata hotel merupakan salah satu pelayanan yang diberikan kepada wisatawan, yakni tempat menginap dan dapat memberikan wisatawan banyak pilihan menginap.

“Jadi, wisatawan dapat memilih mau hotel berbintang, hotel melati, atau home stay. Tapi yang pasti dengan SDM yang profesional di bidangnya sesuai standar kelasnya,” ucapnya.

Dahnial menambahkan, sesuai peraturan pemerintah No 52 Tahun 2012 tentang Sertifikasi Kompetensi dan Sertifikasi Usaha di Bidang Pariwisata, nanti para petugas hotel akan disertifikasi dan diuji oleh lembaga profesi sertifikasi.

“Seperti koki hotel, recepsionist, maupun romboy disertifikasi sesuai kompeten bidangnya,” katanya.

Ke depan, lanjut Dahnial, pihaknya akan mendata jumlah petugas yang sudah sertifikasi dan bekerjasama dengan lembaga sertifikasi di daerah luar seperti Yogyakarta dan Bandung.

Ia berharap, Bimtek yang diikuti anggota Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kalsel dan Dinas Pariwisata kabupaten/kota di Kalsel ini dapat semakin meningkatkan kualitas SDM di bidang keperiwisataan.

“Ke depan kita berharap industri pariwisata kita lebih baik lagi dan memberikan pelayanan yang bagus serta menjamin kualitasnya,” pungkas Dahnial.

Reporter: Syahri Ramadhan

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here