Dinas PU Tanbu Prioritaskan Pembayaran Proyek Terutang Tahun Lalu

159

BATULICIN, KK – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) untuk tahun 2017 prioritaskan pembayaran proyek yang terutang tahun lalu kepada beberapa kontraktor.

Kadis PU Kabupaten Tanbu, Roy Rizali Anwar, Kamis (09/2/2017) mengatakan, utang proyek Pemkab Tanbu yang dilaksanakan Dinas PU tahun lalu berjumlah Rp20 miliar dan dilunasi tahun ini.

Pelaksanaan proyek yang terutang tersebut terdiri dari empat bidang, yakni bidang bina marga, cipta karya, pengairan dan bidang tata ruang.

Semua proyek yang dilaksanakan itu terdiri dari jenis proyek lelang dan pemilihan langsung (PL). “Dilakukan menurut ketentuan peraturan dan undang-undang yang berlaku,” urainya kepada Kabar Kalimantan.

Roy menambahkan, pihaknya tidak mau  proyek tahun 2017 ini terutang lagi kepada pihak kontraktor pelaksana.

Tahun ini Dinas PU Kabupaten Tanbu telah mempunyai anggaran sebesar Rp144 miliar, terdiri dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU).

Namun untuk pelaksanaan pembangunan proyek itu terdiri dari jenis proyek lelang jasa kontruksi dan jasa konsultasi.

Adapun alokasi anggaran proyek lelang terdiri dari proyek sanitasi sebesar Rp3,5 miliar, proyek pembangunan jalan Rp29 miliar, proyek irigasi Rp11 miliar. Alokasi proyek air minum sebesar Rp3,8 miliar. “Dari empat jumlah proyek lelang itu jumlah dananya diperkirakan kurang lebih sebesar Rp50 miliar,” ucap Roy.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tanbu, Roswandi Salem, mengatakan, utang proyek pemerintah daerah kepada kontraktor ada yang sudah dibayar dan ada juga yang belum dibayar. “Karena ada yang sudah selesai diaudit oleh inspektorat proyeknya dan ada juga yang belum selesai diaudit,” terangnya.

Selain itu ada sekitar 100 proyek yang harus diaudit oleh inspektorat, dan tidak semuanya sudah selesai. Sehingga pihaknya menunggu hasil audit selanjutnya. “Baru kami lunasi utang dana proyek itu,” tutupnya. ydi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here