Dinkes Kotabaru Lakukan Skrining HIV AIDS bagi Warga Binaan Lapas Kotabaru

3061

KabarKalimantan, Kotabaru – Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru melaksanakan pemeriksaan skrining HIV AIDS bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kotabaru, Senin (6/5/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru Akhmad Rivai mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 4 Tahun 2019.

“Pemeriksaan skrining HIV AIDS kali ini merupakan yang kedua kalinya. Kali yang kami periksa ada sebanyak 200 warga binaan,” ujar Akmad Rivai.

Ia menjelaskan, kelompok berisiko terinfeksi HIV yang perlu diberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan SPM meliputi ibu hamil, pasien TBC, pasien infeksi menular seksual (IMS), penjaja seks, lelaki yang berhubungan seks dengan lelaki (LSL), transgender/waria, pengguna napza suntik (penasun), dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

“Pemeriksaan ini merupakan pemetaan hotspot yang dapat digunakan dalam mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk merencanakan intervensi pencegahan HIV yang lebih efektif, juga sekaligus dilakukan pemeriksaan skrining untuk mendeteksi secara dini HIV dengan reagen pertama, sehingga jika ada terindikasi positif perlu dilakukan pengobatan sesegeranya,” ujar Rivai

Reporter: Ardiansyah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here