Kam. Jul 2nd, 2020

Dinkes Tanbu Siap Hadapi Serangan Penyakit di Peralihan Musim

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Musim kemarau perlahan sudah mulai berakhir. Diperkirakan, pertengahan November ini sudah mulai memasuki musim penghujan. Biasanya, di peralihan musim ini sering muncul penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Menghadapi peralihan musim tersebut, Dinas Kesehatan Tanah Bumbu bersama puskesmas di wilayah setempat sudah mulai gencar melakukan sosialiasi pencegahan serangan DBD tersebut kepada masyarakat Bumi Bersujud.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu H M Damrah mengatakan, pencegahan berkembangbiaknya jentik nyamuk Aedes Aegypti ialah dengan cara menimbun, menguras dan menutup segala tempat penampungan air yang menjadi sarangnya.

“Pencegahan dengan cara fogging sifatnya hanya pencegahan atau sementara saja, karena nyamuk yang terbang saja yang mati. Sementara jentik nyamuk yang ada di dalam kaleng atau dalam kolam tidak mati, itulah yang akan menjadi bibit nyamuk,” katanya, Senin (11/11).

Selain melakukan sosialiasi pencegahan, lanjut Damrah, pihaknya juga menyiapkan obat- abatan untuk penyakit diare beserta cairan infus di setiap puskesmas yang ada di Tanah Bumbu. “Semoga wabah penyakit DBD ini tidak membahayakan masyarakat Tanah Bumbu,” pungkasnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.