Dinsos Balangan Ingin Ada Rumah Singgah untuk ODGJ

2 min read
2.224

KabarKalimantan, Paringin – Penanganan salah satu warga dari Kecamatan Halong yang menderita gangguan jiwa, Aliamansyah, ditindaklanjuti pada rapat koordinasi yang berlangsung di Kediaman Bupati Balangan, Sabtu (19/9) yang dipimpin Ketua TP-PKK Kabupaten Balangan, Sri Huriyati Hadi.

Dikatakan Sri, untuk penanganan Aliamansyah akan segera dilakukan bersama dengan Tim Pengarah Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Kabupaten Balangan.

“Kita akan bergerak cepat untuk kasus Aliamansyah ini, agar secepatnya mengantar ke RSJ Sambang Lihum setelah nantinya persiapan sudah dilaksanakan dengan dokter yang ada di Kecamatan Halong,” ujarnya.

Baca Juga :   Kabupaten Balangan Raih Penghargaan KLA 2019 dari Kementrian PPPA RI

Sri berkeinginan, setelah selesainya pengobatan Aliamansyah di RSJ Sambang Lihum, harus segera bisa langsung diarahkan ke Panti Budi Luhur, dan ketika yang bersangkutan kembali ke Kabupaten Balangan sudah dalam keadaan membaik.

Terkait lingkungan tempat tinggal Aliamansyah yang tidak mau menerimanya lagi walaupun sekembali dari pengobatan, instansi berwenang akan mengupayakan mencarikan tempat dan pekerjaan untuk Aliamansyah, sambil terus melakukan pendekatan agar lingkungan tempat tinggal semulanya tetap bisa menerima Aliamansyah kembali.

Baca Juga :   Mulai Januari 2021, Pemkab Balangan Izinkan Sekolah Terapkan Pembelajaran Tatap Muka

“Sebenarnya di sekitar keluarganya lah tempat yang paling bagus untuk proses kesembuhannya, asal keluarganya benar-benar mendukung dan menerima dia untuk benar-benar sembuh,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Balangan Urai Nur Iskandar mengharapkan, untuk mengantisipasi terjadinya permasalahan serupa kedepannya, di Kabupaten Balangan ada rumah singgah buat orang dengan gangguan jiwa setelah dia kembali dari rehabilitasi.

Baca Juga :   APBD Perubahan 2020 Kabupaten Balangan Turun 0,19%

“Sampai dia benar-benar siap untuk kembali ke keluarga dan masyarakat lingkungan sekitar,” harapnya.

Turut serta dalam rapat koordinasi ini Plt Kepala Dinas Kesehatan, Kepala RSUD Balangan, perwakilan Polres Balangan, Kapolsek Halong, Camat Halong dan Wakil Danramil Halong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *