Rab. Sep 23rd, 2020

Disdukcapail Balangan akan Pasang ADM, Begini Cara Penggunaannya

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Lingkungan Masjid Al Akbar, Kecamatan Paringin Selatan akan menjadi lokasi pemasangan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) atau mesin pencetak dokumen kependudukan.

Kepala Disdukcapil Balangan Hifziani mengungkapkan, dipilihnya lingkungan masjid terbesar di Bumi Sanggam itu untuk dipasangi ADM merupakan hasil pertimbangan Bupati Balangan dan Disdukcapil setempat karena dinilai salah satu tempat keramaian, sehingga mudah dikunjungi masyarakat.

“Lokasi Masjid Al Akbar kita pilih karna Masjid ini salah tempat wisata religi dan berada di pusat ibu kota Kabupaten Balangan. Apalagi di samping masjid ini nantinya akan dibangun rest area,” jelasnya, Kamis (13/8/2020).

Ia menjelaskan, mengenai cara penggunaan ADM dokumen kependudukan ini, seperti untuk mencetak data kependudukan masyarakat harus memasukkan pin rahasia di mesin ADM layaknya kartu ATM. Namun, sebelum mendapatkan pin itu, masyarakat terlebih dulu harus mendaftar ke Kantor Disdukcapil Balangan.

“Caranya, penduduk harus ke Kantor Disdukcapil untuk meminta PIN dengan menyerahkan nomor handphone. Jadi, misalnya nanti penduduk mengajukan permohonan untuk mencetak KTP, maka akan dikirimi notifikasi pemberitahuan dengan nomor kode atau QR code untuk mencetaknya,” jelasnya.

Setelah itu, lanjutnya, masyarakat bisa memasukkan PIN yang didapat di mesin ADM. Kemudian data kependudukan yang diminta pun tercetak.

“PIN itu hanya bisa dipakai untuk sekali cetak. Setelah KTP tercetak, maka nomor PIN tadi tidak bisa digunakan lagi. Jadi tidak bisa mencetak KTP berulang kali,” katanya.

Ditegaskannya, hal yang sama juga berlaku untuk pencetakan data kependudukan lainnya. Ia memastikan, seluruh data kependudukan itu hanya didesain untuk satu kali cetak.

“Sama ketika membuat KK juga dengan cara demikian, penduduk harus meminta PIN dan nanti diberi QR code, atau memberi kode yang dikirim melalui handphonenya,” katanya.

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penangungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.