Rab. Sep 23rd, 2020

Disdukcapil Tanbu Sudah Gunakan Kertas HVS Putih untuk Cetak KK dan Akta Catatan Sipil

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 109 Tahun 2019 tentang Buku Formulir dan Buku yang Digunakan Administrasi Kependudukan mewajibkan pencetakan Kartu Keluarga (KK) dan Akta Catatan Sipil menggunakan kertas HVS A4 80 Gram berhologram Garuda.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)  Kabupaten Tanah Bumbu Eka Saprudin mengatakan, pencetakan Kartu Keluarga (KK) ataupun akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan serta akte perceraian menggunakan kertas HVS putih berlogo Garuda itu sudah dilakukan sejak akhir Juli 2020 lalu.

“Sementara untuk pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA) masih tetap menggunakan bahan kertas yang lama,” ujar Eka, Kamis (13/8/2020).

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Bumbu ini menerangkan, sejak 30 Juli hingga pertengahan Agustus ini, pihaknya sudah mencetak ribuan Kartu Keluarga (KK) dan Akta Catatan Sipil menggunakan kertas HVS putih tersebut.

“Selain ada hologram garuda, di kertas HVS putih itu juga terdapat tanda tangan elektrik (TTE) bercode. Sehingga tidak mudah untuk dipalsukan, dan apabila discaner maka akan ketahuan asli atau palsu,” terangnya.

Ia menambahkan, diberlakukannya pencetakan menggunakan kertas HVS putih dan berlogo garuda itu tentunya sangat mempermudah pelayanan pencatatan sipil masyarakat. “Sebab, apabila warga kehilangan kartu keluarga, yang bersangkutan tinggal melapor dan datanya akan dikirim Disdukcapil dengan file PDF. Sehingga yang bersangkutan bisa mencetak sendiri, sebab kertasnya HVS berlogo garuda tersebut tersedia di pasaran,” tandasnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.