Disdukpencapil Tanah Bumbu Miliki UPTD Dukpencapil di Satui

1138

KabarKalimantan, Batulicin – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Kotabaru kini telah mempunyai UPTD Dukpencapil di Kecamatan Satui.

Peresmian UPTD Dukpencapil Satui yang merupakan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat akan administrasi kependudukan di kecamatan tersebut dilakukan langsung Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor.

“Terbangunnya UPTD Dukpencapil Satui ini merupakan bentuk  kepedulian Bupati terhadap pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan di Kabupaten Tanah Bumbu,” kata Camat Satui Heri Kurbiansyah, Senin (11/3/2019).

Sementara itu, Kepala Dinas Dukpencapil Tanah Bumbu Kursani menyatakan, selama ini pihaknya terus mengutamakan pelayanan yang cepat, mudah dan gratis bagi masyarakat Tanah Bumbu .

“UPTD ini juga sebagai upaya memperpendek birokrasi yaitu dengan memangkas jarak dan waktu yang diperlukan masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukannya,” ucapnya.

Ia menegaskan, pelayanan UPTD Dukpencapil ini akan terus dipantau secara rutin. Tingkat kecepatan penyelesaian dokumen harus tinggi untuk menghindari terbuangnya waktu masyarakat yang berharga.

“Hal ini merupakan satu terobosan yang dilakukan Disdukpencapil di Kabupaten Tanah Bumbu dengan mendirikan UPTD pertama, bahkan di Kalimantan Selatam. Semuanya untuk mewujudkan Tanah Bumbu Hebat dan Tertib Administrasi Kependudukan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kecamatan Satui, karena telah mampu memiliki UPTD Dukpencapil.

“UPTD ini jelas akan mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen administrasi kependudukan, mengurus segala keperluan sehingga masyarakat tak lagi harus  menggunakan jasa perantara, karena semua pelayanan yang ada sifatnya gratis,” harapnya.

Pada moment itu juga, Bupati berkesempatan memperkenalkan mobil pelayanan administrasi kependudukan keliling milik Disdukpencapil.

“Mobil ini dapat melayani keperluan masyarakat di seluruh desa yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu. Jadi, semisal ada desa yang sedang melaksanakan sebuah event yang menghadirkan banyak warga. Maka bisa mengajukan permohonan melalui camat, untuk dapat menghadirkan mobil pelayanan keliling tersebut,” jelasnya.

Di akhir acara, dilakukan penyerahan secara simbolis dokumen kependudukan berupa KK, KTP dan Akta Kelahiran kepada perwakilan masyarakat Satui.

Slamet Riadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here