Ming. Jan 17th, 2021

Dishub: Ada Kesalahan Saat Menginformasikan Uji Petik Parkir Duta Mall ke Masyarakat

1 min read

BANJARMASIN, KK – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik mengatakan ada kesalahan saat publikasi ke masyarakat terkait uji petik parkir Duta Mall yang dilakukan tahun lalu.

Saat itu, lanjutnya, ia baru menjabat Kadishub, dan belum mengetahui kalau hasil uji petik tidak boleh dipublikasikan sembarangan ke masyarakat.

Itu sesuai dengan UU Nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, serta Peraturan Daerah (Perda) Kota Banjarmasin Nomor 7/2011 tentang Pajak Parkir.

“Dulu kami tidak tau bahwa tidak boleh dipublikasikan, dan saya sempat ditegur,” ucapnya saat diwawancarai wartawan Kabar Kalimantan, Jumat (24/2/2017).

Persoalan itu menurutnya harus ditutupi demi menjaga nama penyetor pajak daerah. Sebab jika dibocorkan, Pemkot Banjarmasin bisa dituntut karena melakukan perbuatan pidana (delik aduan). “Tidak boleh menginformasikan, kecuali pengadilan yang meminta,” kata mantan Kepala Satpol PP Banjarmasin ini.

Ia menjelaskan, sebenarnya tidak ada ditemukan kecurangan yang berarti pada pihak pengelola parkir Duta Mall. Hanya selisih angka tidak sesuai dengan setoran mereka.

Uji petik, paparnya, tergolong lemah karena hanya bersifat melihat potensi dan tidak ada dasar hukum untuk menagih jika ditemukan kekurangan penyetoran. “Uji petik tidak bisa menjadi dasar untuk menagih karena hanya seminggu, seandainya audit mungkin bisa,” ucapnya.

Disinggung terkait adanya indikasi pajak parkir Duta Mall berpotensi hingga Rp15 miliar, ia mengaku ada oknum dari pengelola parkir yang ingin merebut lahan parkir Duta Mall. bur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.