Dishub Banjarmasin Tertibkan 21 Mobil Angkutan

874

KabarKalimantan, Banjarmasin – 21 mobil angkutan ditertibkan Dinas Perhubungan (Dishub) Banjarmasin saat operasi pengecekan over dimensi Jalan Lingkar Selatan, Banjarmasin Selatan, Kamis (7/2/2019).

Dari 21 mobil angkutan yang diterbitkan bersama dengan jajaran Satlantas Polsek Banjarmasin Selatan tersebut, 18 diantaranya ditilang karena tidak adanya STNK, dan 3 lainnya karena surat tanda uji kendaraan (STUK) atau KIR tidak berlaku.

Kasi Pengawasan dan Pengendalian Dishub Banjarmasin, M Yunus mengatakan, kegiatan pengecekan over dimensi merupakan kegiatan rutin bekerja sama dengan Polsek Banjarmasin Selatan.

“Kalau SIM dan STNK bermasalah kepolisian yang menindak. Sedang  kami menindak angkutan yang over dimensi atau KIR mati,” ujarnya.

Penertiban yang dilakukan sebagai bentuk pengawasan terhadap mobil angkutan di Banjarmasin. Mengingat ujar Yunus, masih banyaknya ditemukan pelanggaran di lapangan.

“Jadi bagi angkutan yang terbukti melakukan pelanggaran terpaksa kami tilang. Dan untuk proses selanjutnya kami serahkan ke pengadilan terkait sanksi tilangnya,” jelasnya.

Yunus berharap, khususnya bagi pemilik perusahan angkutan agar lebih memperhatikan tingkat keamanan kendaraanya. Jangan sampai kelalaian seperti STUK atau KIR yang sudah tidak berlaku, ataupun over dimensi menjadi penyebab terjadinya kecelakaan.

“Kami mengimbau bagi pengusaha agar selalu memperhatikan ketertiban maupun keamanan kendaraan. Karena erat hubungannya dengan keselamatan pengendara,” pungkasnya.

M Syahbani

Baca Juga :   Dishub akan Perbanyak Rambu Parkir di Jalan Veteran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here