Diskominfo dan BPS Kotabaru Bahas Standart Harga dan Jasa 2020

1210

KabarKalimantan, Kotabaru – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotabaru melalui Bidang Statistik mengadakan rapat pembahasan draft standart harga barang dan jasa tahun 2020 yang dilaksanakan di Operation Room Setdakab Kotabaru, Rabu (21/8/2019).

“Kami bekerjasama dengan pihak BPS dalam hal penyusunan draft ini, kepada SKPD diharapkan agar dapat segera mungkin menyampaikan usulan daftar harga barang dan jasanya ke Diskominfo,” ujar Kepala Bidang Statistik Diskominfo Kotabaru H Sairin.

Sementara itu, Kasi Kerjasama dan Penerangan Statistik Diskominfo Pebriyanta Sitepu menambahkan, untuk daftar harga dari usulan dinas-dinas, nantinya akan dilakukan survei oleh tim dari BPS.

“Apabila perbedaan hasil survei dari dinas terkait dengan hasil survei dari tim Diskominfo dan BPS terlalu besar, maka akan kembali kita bicarakan, sehingga mendapatkan harga yang sesuai,” tegas Pebriyanta.

Pada kesempatan itu, Kepala BPS Kotabaru Sukma Handayani menjelaskan, untuk penyusunan publikasi SHBJ selanjutnya, pihaknya kembali akan menyusun rancangan kegiatan pengumpulan data. Pihaknya juga meminta masukan kepada SKPD terkait untuk melengkapi SHBJ tahun sebelumnya.

“Pengumpulan data ini hasil dari SHBJ lama dengan usulan-usulan baru yang kemudian dilakukan entri data dan dihitung serta dianalisis untuk perkiraan harganya,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, untuk harga di tahun 2020 pastinya mengalami kenaikan tergantung dengan kondisi pasar, dikarenakan terjadinya inflasi, serta kenaikan harga dari produsen.

“Kami sudah melakukan survei lapangan, baik dari pedagang besar ataupun pedagang eceran yang khususnya berada di Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru untuk menanyakan harga pada kondisi tahun 2019,” tutupnya.

Reporter: Ardiansyah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here