Diskominfo Kotabaru Usulkan Jaringan Satelit ke Kementerian BUMN

1394

KabarKalimantan, Kotabaru – Dalam rangka memecahkan masalah kurang baiknya telekomunikasi khususnya penggunaan jaringan internet sampai ke tingkat desa, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotabaru berinisiatif mengajukan proposal pengadaan jaringan satelit sistem Very Small Aperture Terminal (VSAT) ke Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotabaru H Irian Noor mengatakan, pengajuan proposal tersebut merupakan respon atas adanya edaran terkait pengucuran bantuan kepada komunitas/lembaga/pemerintah daerah terkait pengembangan ekonomi kreatif.

Irian Noor memaparkan, saat ini kebutuhan akan jaringan telekomunikasi khususnya internet menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan.

“Kondisi geografis yang luas membuat masih terjadi sumbatan-sumbatan informasi khususnya dari desa-desa terpencil ke pemerintah kabupaten maupun propinsi dan pusat,” ujar Irian Noor saat melakukan audensi dengan tim Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Kementerian BUMN RI belum lama tadi.

Baca Juga :   Pelajar Kotabaru Deklarasikan Gerakan Anti Rokok

Dalam audensi tersebut, Irian Noor juga menyadari revitalisasi bidang teknologi informasi dan komunikasi mungkin belum termasuk bidang pengembangan ekonomi kreatif. Tetapi, ia meyakinkan, program tersebut justru dapat menumbuhkan industri kecil dan menengah, ekonomi kreatif di desa-desa yang selama ini belum mampu mendaptkan informasi yang memanfaatkan jaringan internet.

“Dengan adanya jaringan internet di daerah yang tidak ada atau sulit menerima signal, diharapkan menjadi langkah awal masyarakat dapat memunculkan inovasi-inovasi baru melalui informasi yang banyak di dapat dunia maya,” harap Irian Noor.

Untuk itu, ia juga berharap Kementerian BUMN dapat mempertimbangkan proposal tersebut. Sehingga masyarakat khususnya di desa-desa kami dapat merasakan dan mendapatkan informasi yang cepat, tepat, dan akurat.

Sementara itu, anggota tim Bekraf Kementerian BUMN RI Zulfikar menyatakan, akan sangat memperhatikan proposal yang diajukan pihak Diskomifo Kotabaru ini.

Baca Juga :   Lanal Kotabaru Persilakan Masyarakat Kunjungi KRI Dewa Kembar 932

“Kami mengapresiasi pemaparan dari Diskominfo Kotabaru ini. Semoga nanti program bantuan Bekraf ini juga dapat dirasakan oleh masyarakat Kotabaru,” ujar Zulfikar.

Ardiansyah

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here