Dispar Kalsel Tingkatkan Kualitas Pemandu Wisata

783

KabarKalimantan, Banjarmasin – Pelatihan Pemandu Wisata, upaya Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan untuk meningkatkan kualitas SDM dan Pelayanan.

Wartawan: Syahri Ramadhan

Kepala Bidang Industri Kelembagaan Pariwisata, Nellawati mengungkapkan, kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata ini merupakan bagian dari program kegiatan kementerian pariwisata.

Yang pada tahun 2018 ini, Kementerian Pariwisata menekankan kepada peningkatan kapasitas SDM dimasyarakat. Salah satunya yaitu dengan mengadakan pelatihan pemandu wisata.

“Pelatihan pemandu wisata ini ditujukan bagi masyarakat yang merupakan pelaku usaha wisata,” kata Nella di Hotel Grand Mentari, Banjarmasin, Kamis (6/9).

Nella menambahkan, seiring dengan program prioritas  Kementerian Pariwisata ini sebagai supaya peningkatan kualitas pemandu wisata, selain itu juga ada peningkatan kapasitas pelayan rumah makan dan restoran.

“Jadi dalam pelatihan ini, peserta akan dilatih mulai dari teknis memandu, pramuwisataan dan kepada tingkat pelayanan kepada tamu atau wisatawan,”ucapnya.

Baca Juga :   Paman Birin : Gelorakan Semangat Hidup, Cintai Olahraga

Peserta yang ikut dalam pelatihan berjumlah 125 orang dan merupakan pelaku usaha wisata mulai dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kalsel, Sahabat Bekantan Indonesia dan Juragan Kelotok.

Kegiatan pelatihan yang pertama kali ini di akui Nella berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata. Ia berharap pelatihan ini dapat bermanfaat dan para pelaku usaha mendapatkan ilmu berkualitas serta menambah minat menjadi pemandu wisata.

“Semoga para pelaku usaha yang ikut dalam pelatihan ini, kedepan bisa melayani wisatawan agar betah berada di Banua,” pungkas Nella.[]

Syahri Ramadhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here