Jum. Feb 28th, 2020

Disporapar Tanbu Terus Persolek Goa Liang Bangkai

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu terus berbenah mempersolek objek pariwisata yang ada di kabupaten berjuluk Bumi Bersujud. Salah satunya ialah wiata Goa Liang Bangkai yang terletak di Desa Dukuh Rejo, Kecamatan Mantewe.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Tanah Bumbu Hamaluddin mengungkapkan, pada 2019 pihaknya mendapatkan dana APBD sebesar Rp 1,5 milyar serta bantuan DAK sebesar Rp 2,7 milyar. “Semua anggaran itu kami fokuskan untuk proyek pembangunan sarana dan prasarana Goa Liang Bangkai,” katanya kepada Redkal.com, Selasa (28/1/2020).

Berselang setahun kemudian, lanjut Hamaluddin, pihaknya kembali mendapat kucuran dana APBD sebesar Rp 3,4 miliar dan DAK Rp 3 miliiar untuk membangun akses jalan sepanjang 300 meter untuk menunjang wisatawan pejalan kaki, panggung hiburan, plaza atau stand untuk pedagang menjual souvenir, jembatan warna-warni untuk support foto wisata, serta satu unit rumah informasi untuk mempelajari Goa wisata Liang Bangkai.

Besarnya anggaran yang dikucurkan pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk memperindah wisata Goa Liang Bangkai itu pun terbayar. Terbukti, pada akhir tahun 2019 lalu tercatat pengunjung wisata Goa Liang Bangkai itu meningkat drastis.

“Alhamdulillah, pengunjung obyek wisata alam Goa Liang Bangkai itu sudah mencapai 1.000 orang. Jumlah pengunjung itu sangat meningkat drastis dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang hanya mencapai puluhan wisatawan saja,” jelasnya.

Rencananya, tambah Hamaluddin, pada 2020 ini pihaknya kembali akan mengusulkan anggaran untuk meningkatkan keindahan objek wisata alam itu ke Kementerian Pariwisata. “Pada 2021 mendatang, kami akan membangun 21 unit rumah etnik di sekitar Goa Liang Bangkai tersebut dengan menggunakan dana APBD dan dana DAK,” pungkasnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.