Ditlantas Polda Kalsel Sosialisasikan TSM di SMPN 7 Banjarmasin

2 min read
74

KabarKalimantan, Banjarmasin – Gebrakan untuk menekan angka kecelakaan dalam berlalu lintas di jalan raya kembali dilakukan Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel), Senin (15/10/2018).

Kali ini, kegiatan yang dilakukan ialah dengan menyambangi SMPN 7 Banjarmasin di Jalan Veteran, Kecamatan Banjarmasin Timur. Di sana, petugas kepolisian lalu lintas Polda Kalsel menyosialisasikan Transportasi Sehat Merakyat (TSM).

Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes E Zulpan melalui Kasubdit Dikyasa AKBP Nina Rahmi mengatakan, kegiatan police goes to school ini bertujuan untuk mengajak anak-anak tingkat SMP mematuhi ketentuan dan peraturan di jalan raya.

Baca Juga :   Miliki Ratusan Butir Zenith, Warga Kelua Dibekuk Polisi

“Kegiatan ini sengaja dilakukan untuk menekan angka lalu lintas dan menanamkan disiplin di jalan raya. Salah satu caranya ialah menyosialisasikan transportasi sehat merakyat, yakni menggunakan sepeda saat ke sekolah,” jelas Nina.

Baca Juga :   Kapolda Kalsel Minta Jajaran Reskrim Tingkatkan Kinerja

Tak hanya untuk diri sendiri, Nina juga meminta para murid khususnya SMPN 7 Banjarmasin untuk berperan aktif dalam menekan angka kecelakaan berlalu lintas dengan menyampaikan informasi tentang keselamatan berlalu lintas kepada keluarga, masyarakat dan rekan-rekan lainnya.

“Untuk pihak sekolah, kami meminta agar memberikan sanksi kepada anak murid yang menggunakan kendaraan bermotor saat ke sekolah walaupun mereka mendapat izin dari orang tuanya. Sebab, para murid di bangku SMP ini belum memenuhi batas usia, sesuai UU Nomor 2 Tahun 2009,” ungkap Nina.

Baca Juga :   Oknum Polisi Diduga Ikut Digerebek di Gudang Carnophen Rp 10 Miliar

Di sisi lain, Nina menjelaskan, sebuah kecelakaan umumnya dapat terjadi lantaran adanya pelanggaran lalu lintas. “Maka dari itu diperlukan kesadaraan yang tinggi dalam berlalu lintas,” pungkasnya.

Syahbandi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *