Sab. Sep 19th, 2020

DKP3 Tampik Owa-owa yang Serang Warga dari Kebun Binatang Jahri Saleh

2 min read

Foto : Istimewa

KabarKalimantan, Banjarmasin – Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Banjarmasin Lauhem Mahfuzi menampik Owa-owa yang berkeliaran ke pemukiman hingga menyerang warga merupakan satwa dari Kebun Binantang Jahri Saleh.

Dia meyakini, Owa-owa dengan nama lain Hylobates Albibarbis yang sempat meresahkan warga Komplek Perkasa Indah RT 12, Kelurahan Surgi Mukti, Banjarmasin Utara tersebut merupakan satwa liar.

“Informasi yang saya terima bukan dari Kebun Binatang Jahri Saleh. Di sana tidak ada yang lepas. Jadi itu memang liar,” ucap Lauhem saat dihubungi via telepon seluler, Sabtu (2/6/2018).

Dia mengatakan, Owa-owa tersebut kini sudah ditangkap dan dimasukkan ke Kebun Binatan Jahri Saleh untuk selanjutnya mendapatkan pemeliharaan. “Mungkin dia kelaparan hingga akhirnya masuk ke pemukiman. Tapi katanya sudah diamankan warga dan sudah diserahkan ke kebun binatang,” imbuhnya.

Baca Juga :   Pertamina PHU Lima Pangkalan Elpiji

Lauhem melanjutkan, hewan liar yang masuk pemukiman warga memang kerap terjadi. Mengingat kondisi alam yang semakin hari kian kritis memaksa satwa liar terjun ke pemukiman warga.

DKP3 yang menaungi kebun binatang mau tidak mau menerima untuk selanjutnya ditampung dan dipelihara. “Memang sering kejadian seperti ini. Kemarin Binturung sejenis Beruang juga ada diserahkan warga. Kami mau tidak mau harus menerimnya,” jelasnya.

Selain itu, ia mengakui jika tempat penampungan hewan di Kebun Binatang Jahri Saleh memang cukup banyak. Kendati demikian, lagi-lagi anggaran pemeliharaan yang terbatas menjadi kendala. Bahkan, pihaknya hingga kewalahan menerima hewan liar yang sering kali diserahkan warga.

“Jadi, kami sebenarnya juga merasa kewalahan. Anggaran kami misal yang dipelihara 10 saja jadi bertambah. Kami berniat untuk menambah anggran di perubahan nanti,” pungkasnya.

M SYHABANI

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.